Mempersiapkan diri menghadapi SBMPTN 2016


Selepas melaksanakan UN tahun 2016, para siswa kelas XII mulai disibukkan dengan persiapan untuk mengikuti serangkaian tes masuk perguruan tinggi negeri, ada yang sudah dinyatakan lolos lewat tes SNMPTN, sedangkan yang belum lolos masih harus berjuang dalam SBMPTN yang akan diselenggarakan serempak tanggal 31 Mei 2016 ini. Untuk mereka yang masih gagal dalam seleksi SBMPTN masih bisa masuk ke perguruan tinggi negeri lewat jalur Mandiri.

pengertian snmptn

pengertian SBMPTN adalah

SBMPTN 2016 adalah seleksi yang dilakukan oleh PTN secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (Paper Based Testing) atau menggunakan komputer (Computer Based Testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.

Perbedaan utama dengan SNMPTN adalah, mekanisme seleksi SNMPTN menggunakan mekanisme prestasi yang sudah dimiliki sejak masih duduk di bangku sekolah menengah atas/ SMK. Dengan demikian bisa dibilang jalur seleksi SNMPTN menggunakan nilai sekolah, tanpa tes. Sedangkan SBMPTN mewajibkan calon peserta untuk mengikuti ujian tertulis/ berbasis komputer. Sedangkan seleksi mandiri, merupakan penjaringan calon mahasiswa baru yang dilaksanakan secara mandiri oleh setiap almamater.

Secara umum ada dua kategori jurusan dalam SBMTPN, yakni kategori saintek dan sosiahumaniora, kategori saintek umumnya merupakan bidang studi yang berbasis pada ilmu IPA, sedangkan sosiahumaniora umumnya adalah bidang studi yang berbasis pada ilmu sosial.

BACA JUGA:   Kelas Maya

Tips Sukses SBMPTN 2016

Untuk bisa sukses dalam ujian masuk perguruan tinggi negeri lewat jalur SBMPTN ada baiknya calon peserta membaca tips-tips berikut ini.

  1. Berdoa dan Jaga kesehatan – Tidak ada tips lain yang lebih berguna dari berdoa dan tetap menjaga kesehatan agar kita dimudahkan dalam mengikuti pelaksanaan ujian.
  2. Gunakan alat tulis yang berkualitas – alat tulis yang perlu kita siapkan jika mengikuti paper based test harus dipersiapkan sebaik mungkin, selalu siapkan pensil/ alat tulis cadangan saat anda datang ke ruang ujian
  3. Prioritaskan soal yang mudah – anda harus dapat menjawab soal sebanyak mungkin dengan benar dalam waktu yang telah ditentukan. Jika anda menemukan soal yang anda rasa terlalu sulit, segera beralih ke soal berikutnya. Jika masih ada waktu anda masih bisa kembali berusaha mengerjakannya. Dalam SBMPTN, kesalahan menjawab menghasilkan nilai minus, sedangkan soal yang tidak diisi menghasilkan nilai nol
  4. Perbanyak latihan soal – Soal soal SBMPTN umumnya sama dengan soal yang sudah dipelajari selama duduk di bangku sekolah, hanya saja biasanya ada beberapa soal terkait dengan IPA terapan (untuk kelompok IPA) dan IPS terapan (untuk kelompok IPS). Soal terapan ini umumnya adalah soal yang berkaitan dengan kondisi terkini yang banyak menyita perhatian masyarakat. Anda bisa memperbanyak latihan soal dengan mengikuti les pada bimbingan belajar atau membeli soal latihan SBMPTN yang banyak dijual secara online maupun di toko buku terdekat.
BACA JUGA:   Berburu Calon Siswa Tahun Ajaran Baru

Berikut adalah contoh kumpulan soal latihan SBMPTN yang dapat dibeli secara online

  1. Harga: Rp99.000
  2. Harga: Rp130.000
  3. Harga: Rp130.000
  4. Harga: Rp69.000
  5. Harga: Rp74.000
  6. Harga: Rp79.000
  7. Harga: Rp150.000
  8. Harga: Rp150.000

 


DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda