Mempersiapkan Kehamilan Pertama


 

Menjadi seorang ibu menjadi salah satu hal yang sangat dinantikan dan diimpikan oleh para wanita. Setelah menikah, mereka pasti ingin cepat-cepat mengandung dan melahirkan buah hatinya. Untuk itulah diperlukan persiapan penting kehamilan pertama.

Ketika sudah berencana akan memiliki anak, apalagi anak yang pertama, pastinya akan banyak persiapan yang dilakukan. Hal ini adalah untuk menjaga diri agar proses kehamilan sampai dengan melahirkan menjadi lancar.

Persipan-persiapan yang dilakukan harus dengan hati-hati agar kehamilan sehat dan ketika melahirkan nantinya, ibu dan bayi juga sehat. Inilah yang diimpikan oleh semua wanita, memiliki keluarga lengkap dan sehat.




persiapan kehamilan pertama

Persiapan penting kehamilan pertama ini harus dilakukan dengan baik, mengingat dalam proses kehamilan banyak sekali kendala yang akan dihadapi. Mulai dari kehamilan awal yang akan membuat badan lemah karena perubahan hormon, sering capek, gampang emosi, dan lain-lain.

4 persiapan penting kehamilan pertama

Adapun persiapan-persiapan penting yang harus dilakukan ketika kehamilan pertama, diantaranya adalah :

Memperhatikan asupan makanan

Karena belum pernah berpengalaman hamil, maka pada fase kehamilan pertama ini menjadi pengalaman baru. Pada fase awal, mual dan muntah akan sering terjadi dan membuat kita tidak nafsu makan sama sekali. Bahkan tidak mau makan sama sekali.

Padahal, kini ada janin yang ada dalam tubuh. Sehingga makanan yang kita konsumsi bukan hanya untuk kita, tetapi juga untuk janin kita. walaupun tidak nafsu makan, kita harus memperhatikan nutrisi untuk tubuh. Untuk itu, persiapan penting kehamilan pertama adalah dengan mempersiapkan kondisi fisik dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, agar ketika hamil muda kita tidak kekurangan nutrisi

Jangan sampai kelelahan

Terlalu banyak aktivitas membuat banyak ibu hamil yang mengalami keguguran di fase kehamilan awal. Sehingga kita harus mengurangi pekerjaan atau aktivitas ketika sedang hamil muda. Apalagi ini adalah kehamilan pertama yang sangat membahagiakan. Walaupun dibatasi aktivitasnya, kita tidak boleh bermalas-malasan, banyak olahraga ringan, seperti jalan kaki di pagi hari sangat dianjurkan. Biasakan kita jalan-jalan pagi ketika persiapan program hamil, sehingga ketika hamil kita tidak akan terbiasa.

Memiliki waktu tidur yang cukup

Kualitas istirahat antara suami dan istri sangatlah penting, karena ini akan mempengaruhi kualitas sperma suami serta kualitas sel telur istri.

Persiapkan mental dengan baik

Ini merupakan salah satu persiapan penting kehamilan pertama yang sangat penting dilakukan, karena kita akan menerima anggota keluarga baru. Berawal dari mengurusi diri sendiri dan suami, maka setelah ada anak, nantinya kita akan mengurusi suami dan anak. Dalam kaitannya mempersiapkan mental ini adalah menghindari stress.

Stress yang berlebih akan mempengaruhi hubungan suami istri. Si suami tidak akan melakukan hubungan dengan baik, begitupun dengan si wanitanya akan sulit menghitung masa subur karena pengaruh ketidak teraturan masa menstruasi.

Mempersiapkan lingkungan sekitar

Dalam hal ini, pastikan kita berada di lingkungan yang bersih, yakni bebas polusi, air bersih, jauh dari tempat pembuangan sampah, sanitasi yang bersih, serta ketersediaan air yang cukup. Akan lebih baik jika di lingkungan sekitar banyak ditumbuhi pepohonan.

Persiapan-persiapan penting kehamilan pertama tersebut sangatlah perlu untuk dilakukan, karena kesehatan janin yang ada dalam kandungan adalah tanggung jawab orangtua, yakni kita, suami dan istri. Untuk itu, ketika sudah mendapatkan kepercayaan menjadi orangtua, maka kita harus menjaga kepercayaan itu dengan sebaik-baiknya.


DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda