Mengapa Kita Disarankan Umroh di Usia Muda?


Selama ini muncul paradigma dalam masyarakat jika sebaiknya seseorang menunaikan ibadah umroh atau haji saat usia sudah mulai senja. Sungguh disayangkan sekali sebab pandangan seperti ini tumbuh subur dalam masyarakat. Padahal sebenarnya akan lebih baik jika kita mengerjakan umroh saat masih berusia muda. Betapa bahagia jika bisa melakukan manasik umroh lengkap bersama Abutours di usia muda sebagai salah satu persiapan menunaikan ibadah umroh.

Mengapa kita disarankan umroh di usia muda?

  • Fisik masih kuat dan bugar

Seperti yang kita tahu bahwa ibadah haji atau umroh memerlukan stamina yang fit agar dapat melaksanakan ibadah dengan lancar. Dan usia muda identik dengan kondisi dimana fisik seseorang dalam kondisi sehat dan bugar. Oleh karena akan lebih baik jika kita memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. Buang jauh – jauh segala hal yang bisa menimbulkan keraguan dalam diri.

  • Jangan menunda hal baik

Menunda – menunda kebaikan adalah hal yang tidak baik. Selagi kita mampu, kenapa harus menundanya? Kesempatan yang sama tidak akan terulang kedua kali, kalaupun ada, tentu sangat sedikit sekali orang yang bisa memperoleh kesempatan yang sama. Terlebih menurut Islam menyegerakan ibadah adalah hal yang mulia.

  • Menghapus dosa sedini mungkin

Tidak sedikit dari masyarakat yang menghendaki taubat saat usia sudah tua. Itupun hanya untuk yang masih bisa merasakan masa tua, tapi bagaimana dengan yang muda? Bukankah yang muda belum tentu bisa merasakan tua? Nah loh, maka dari itu jangan menunda untuk memohon ampun kepada-Nya.

BACA JUGA:   Mengenal Alfamart Lebih Dekat

melakukan haji dan umroh di usia muda


Dan salah satunya adalah dengan menunaikan ibadah umroh, sebab do’a yang dipanjatkan saat umroh In Syaa Allah akan diijabah oleh Allah. Demikian pula dengan dosa – dosa yang telah lalu, In Syaa Allah akan dihapus oleh Allah.

  • Menjadikan usia muda lebih bermanfaat

Menunaikan ibadah umroh di usia muda secara tidak langsung telah menjadikan usia muda kita lebih bermanfaat. Sebab seperti yang kita ketahui remaja atau dewasa muda saat ini kurang memprioritaskan ibadah. Namun, ketika kita memilih untuk beribadah umroh disaat yang lain asyik mengejar dunia, maka kita pun akan lebih dekat dengan Sang Pencipta.

  • Mengenal keberagaman

Saat kita umroh di tanah suci, otomatis kita akan bertemu dengan ribuan jama’ah dari seluruh dunia. Dari situ kita bisa belajar bahwa di dunia ini banyak sekali jenis budaya, etnis dan lainnya. Dengan demikian kita bisa belajar bagaimana menghargai sesama, meskipun berbeda suku, negara maupun bahasa.

Saat kita belajar hal tersebut sejak muda, In Syaa Allah hati ini akan senantiasa diberi ketenangan karena dipenuhi dengan rasa toleransi yang tinggi.

Demikian tadi beberapa alasan mengapa sebaiknya kita melaksanakan ibadah umroh di usia muda. Sangat banyak sekali manfaat atau hikmah yang akan kita petik dari perjalanan religi nan penuh berkah ini. Jadi jangan menunggu tua untuk menunaikan ibadah umroh ya, selagi kita mampu menyegerakannya saat masih muda, tidak ada alasan untuk menundanya bukan?

BACA JUGA:   Romantisme Tradisional di Warung Pak Lanjar


Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda