Mengatasi Keyboard Salah Karakter


Rata2 sekarang orang menggunakan laptop/netbook untuk keperluan komputasinya, PC jarang dipunyai kecuali memiliki kebutuhan khusus, yang biasanya terkait dengan rendering ataupun main game 3d. Sisanya lebih banyak yang sekarang menggunakan komputer jinjing.

Komputer jinjing/ laptop didesain agar mampu menyamai kemampuan komputasi PC meski dengan beberapa keterbatasan mengingat harus menyesuaikan form factornya. Tidak ada lagi space yang lega bagi arus udara dalam laptop, sehingga kekuatan kipas pendingin processor dan penempatan jendela udara harus didesain dalam posisi yang paling efektif untuk melakukan pergantian udara.

Salah satu penyesuaian lainnya adalah ketiadaan numlock pada keyboard laptop, sebagai penggantinya, rata2 laptop menggunakan tombol FN + kombinasi huruf untuk memunculkan numlock maupun untuk membuat fungsi display switch, enable touchpad, dll. Nah terkadang pembuatan metode combo semacam ini menimbulkan masalah yang tidak perlu bagi pengguna laptop.

Sering kali tanpa sebab ketika seseorang memencet tombol huruf U, maka yang keluar adalah angka 4, I = 5, dan mencet tombol P keluar logo *. Sementara mencet tombol A, S, D, F dan C keluar sesuai papan tuts keyboardnya. Kenapa karakter keyboard berbeda antara yang ditekan dan yang ditampilkan?


keyboard salah pencet

Permasalahan ini terjadi karena dia lupa mengaktifkan tombol Numlock pada papan keyboardnya sehingga, yang terbaca adalah simbol karakter biru pada keyboard, bukan karakter aslinya. Cara mengembalikan setting keyboard yang menampilkan karakter salah sewaktu ditekan adalah dengan men-disable fitur Numlocknya, biasanya memencet kombinasi FN+NumLck.

BACA JUGA:   Cara mengatasi error pada keyboard laptop


cara membenarkan keyboard yang salah pencet (1), keyboard gak sesuai karakter (1), keyboard pc gak sesuai karakter (1), keyboard pc yang salah karakter (1), keyboard salah tombol karena reedit cara mengatasi (1), keyboard terketuk 2 kali huruf beda (1), laptop keyboard keluar karakter beda (1), mengatasi keyboard beda mencet (1), tombol huruf karakter di laptop (1), kenapa keyboard menampilkan karakter yang salah (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda