Mengatasi Limited Wireless Connection


Saat menggunakan koneksi internet dengan WIFI, mungkin kita pernah mengalami koneksi tiba-tiba terputus saat sedang melakukan download file. Jika anda orang yang familiar dengan dunia jaringan, tentu bisa segera bergerak untuk mencari tahu permasalahannya dimana dan segera memperbaikinya.

Akan tetapi jika anda tidak berasal dari lingkungan dengan background IT/ tidak terlalu berminat dengan hal-hal berbau IT, ini akan menjadi persoalan. Untuk orang yang sudah sepuh biasanya memilih berhenti dari aktifitas tersebut lalu melakukan aktifitas lainnya, berharap masalah tersebut akan selesai dengan sendirinya.

Padahal tentu saja setiap masalah pasti ada penyebabnya, kita hanya perlu mencari tahu letak masalahnya dimana, jika memungkinkan untuk dilakukan perbaikan maka kita bisa mendapatkan koneksi wifi kembali.

Berikut ini akan saya jabarkan beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh pemula saat mengalami putus koneksi dengan jaringan WIFI.

Pastikan bahwa ada bar koneksi jaringan wifi seperti gambar dibawah ini, tidak ada logo segitiga kuning, merah atau bintang. Berikut adalah penjelasan dari setiap simbol koneksi jaringan.

BACA JUGA:   packet tracer

memahami simbol wireless internet connection

Wireless connection connected menandakan jaringan tersambung dengan wifi tanpa ada masalah, WC detected menandakan ada jaringan hotspot tersedia di sekitar kita tetapi belum kita pilih. Sementara jika tampilannya ada segitiga, maka artinya kita sudah terhubung dengan hotspot, tetapi belum diijinkan mengakses internet lewat hotspot tersebut (masih membutuhkan username/password untuk menggunakan jaringan WIFI tersebut)

Kita akan fokuskan pada masalah logo wifi bersegitiga kuning atau limited connection. Masalah pertama yang bisa terjadi adalah kita belum memasukkan username dan password yang menjadi bagian keamanan hotspot tersebut. Solusinya, mintalah username dan password pada admin jaringan tersebut (untuk lingkungan sekolah biasanya diketahui oleh guru komputer/petugas IT)

Yang kedua, silahkan cek IP address komputer kita, IP address tersebut bisa kita lihat di menu Control Panel – Network and Internet – Network Connections. Klik kanan pada simbol koneksi jaringan wireless lalu klik status lalu detail.

Perhatikan pada kalimat DHCP Enabled harus berisi Yes, IPv4 Address tidak berisi auto config dengan alamat 169.x.x.x. IPv4 Default Gateway dan IPv4 DNS Server harus terisi. Jika ada salah satu yang tidak terisi. Silahkan buka pencarian program dan ketikkan CMD, setelah muncul interface DOS command prompt, ketikkan ipconfig /renew agar kita diberi IP otomatis oleh DHCP server milik hotspot.

BACA JUGA:   Buku: Adobe Flash + XML; Rich Multimedia Application

Oke, semua sudah terisi dari DHCP enabled, IP, IP gateway dan DNS sudah terisi, tetapi saya masih tidak bisa mengakses internet.

Masih di CMD ketikan ping google.com jika hasilnya destination unreachable atau request time out, ketikkan tracert google.com maka komputer akan menunjukkan pada kita path/jalan yang kita lalui untuk mencapai website google. Jika pada suatu titik hanya menghasilkan simbol * maka kemungkinan titik itulah yang mengalami masalah. Jika simbol * muncul di tengah2 maka masalahnya ada pada penyedia jaringan wifi kita (administrasi hotspot/ISP yang digunakan)



DMCA.com Protection Status

default gateway tidak terisi (1), masalah wifi gambar kuning limited (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda