Mengatasi PC auto restart pada saat booting


Karena beberapa hal, sebuah PC dapat saja tidak mau berjalan sebagaimana mestinya melainkan terus menerus melakukan restarting diri sendiri. Hal ini biasanya membuat para pengguna awam merasa cemas, jangan2 karena restart terus menerus justru akan menimbulkan dampak yang lebih serius pada komputer.

PC restart bisa dikategorikan 2 hal, yang pertama restart tanpa menunjukkan tampilan apapun pada monitor, atau restart setelah menampilkan sesuatu di monitor (misalnya hanya sampai logo loading windows kemudian restart).

Untuk postingan kali ini aku hanya akan membahas penyebab auto restart pada komputer tanpa menunjukkan tampilan apapun pada layar monitor.

Hari ini aku terpaksa lagi2 melakukan maintenance lab komputer sekolah di jam pelajaran, kebutuhan anak2 kelas XII untuk persiapan UKK memang selalu menjadi momok, meskipun dari tahun ke tahun selalu meningkatkan persiapan, tetep aja hasilnya tidak sesuai yang diharapkan, yaitu tetap saja terjadi masalah2 baru. Baik dari sekedar membetulkan posisi kabel hardisk yang membuat hardisk ga terdeteksi, reinstall komputer yang gagal diinstal / ga dikembaliin ke kondisi semula sampai bongkar pasang processor.

Ada yang cukup bikin aku keki yaitu PC branded dari salah satu produsen lokal yang kerjasama dengan kemdikbud untuk pengadaan PC lab. Yaitu terus menerus mengalami restart setelah dihidupkan.

BACA JUGA:   Review Zenpower Pro 10050

Kipas PSU dan processor menyala, tetapi sekitar 2-3 detik kemudian kipas tersebut berhenti, 2-3 detik berikutnya kipas menyala lagi. Artinya adalah komputer nyala selama 2-3 detik, kemudian mati, dan kemudian merestart dirinya sendiri, tetapi tidak kuat, mati lagi, nyala lagi dan begitu seterusnya sampai tombol start kita tekan paksa/ sumber arus dimatikan.

Sebelum menelaah lebih lanjut, aku mencabut kabel VGA ke monitor, dan di monitor muncul notification bahwa kabel VGA tidak tertancap pada konektor di motherboard. Dengan demikian, kesalahan bukan berada pada monitor/kabel VGA. Maka opsi yang masuk akal adalah sebagai berikut.

Kemungkinan dari PC hidup mati berulang2 tanpa meninggalkan jejak di layar monitor adalah

1. PSU mengalami degradasi arus

PSU impotent, karena sudah tidak mampu lagi untuk menghantarkan arus minimal sesuai dengan kebutuhan motherboard. Ini bisa terjadi karena PSUnya sudah cukup tua dan komponen2nya mungkin sudah mulai bermasalah.

2. Processor mati

Pada saat tombol start dinyalakan, BIOS akan melaksanakan prosedur awal dari menghidupkan komputer yaitu melakukan POST (Power On Self Test) atau mengecek kelengkapan dirinya sendiri, pada saat bios menyadari processor tidak pada tempatnya/ malfunction maka BIOS akan menolak melanjutkan proses menghidupkan komputer.

BACA JUGA:   Front Panel Connector

3. Motherboard mati

Kemungkinan terakhir adalah motherboard yang mengalami kerusakan, mengenai kerusakan motherboard ini, cukup luas kemungkinannya, bisa chipset northbridge, southbridge, BIOS itu sendiri, atau passive component lain yang melekat pada motherboard.

reparasi komputerDari ketiga kemungkinan di atas, aku memulai penggantian PSU, sengaja aku pake PSU dengan kapasitas sedikit lebih tinggi di atasnya (480 Watt) kasus sama kembali terulang, artinya dari segi PSU tidak bermasalah karena kasusnya tidak terselesaikan.

Lalu aku berinisiatif melakukan kanibal dengan PC branded setipe, karena kebetulan dulu dapet bantuan 6 unit PC tersebut, processor komputer 1 aku pasang di motherboard komputer 2, dan begitupun sebaliknya, setelah proses tukar menukar processor tersebut ketahuan sudah permasalahannya.

Processor yang dipindah ke komputer 2 ternyata masih mampu menghidupkan PC secara normal, sebaliknya komputer pertama tetap menunjukkan gejala yang sama, auto restart. Dengan demikian maka sudah jelas bahwa permasalahan utama ada pada mainboard PC pertama, dan artinya mau tidak mau harus cari motherboard lagi.


DMCA.com Protection Status

komputer nyala mati terus menerus (14), komputer restart terus menerus sebelum booting (13), laptop tidak bisa booting restart terus-menerus (6), laptop restart terus menerus saat booting (4), latop saya tak bisa tampilkan desktop watu di buka hanya window loading file aja (4), pc auto booting saan pertama nyala (3), komputer restart terus menerus saat booting (3), komputer hidup mati saat booting (3), komputer hidup tapi tidak mau booting (2), mengatasi komputer PC yang selalu booting (2)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda