Mengatasi Reboot Proper Boot Device


Saat menyalakan komputer seringkali terjadi kasus latar monitor menampilkan pesan berikut:

Reboot and Select Proper Boot Device

Or Insert Boot Media in Selected Boot Device and press a key

Kalimat di atas sering membuat pengguna komputer merasa panik, karena setelah direset sekalipun kalimat tersebut akan muncul kembali.


Apa sebenarnya penyebab munculnya pesan reboot and select proper boot device?

Penyebabnya adalah BIOS tidak mendeteksi adanya boot device (dalam hal ini adalah hardsik kita) karena sistem operasi berada dalam hardisk dan BIOS tidak menemukan hardisk maka BIOS melaporkan kesalahan tersebut ke layar monitor pengguna.

Restart komputer terlebih dahulu sambil menekan tombol Del/F2. Masuk ke layar BIOS, cari informasi mengenai hardisk yang terpasang, jika tidak terdeteksi maka kemungkinan ada kerusakan dalam jalur dari motherboard ke hardisk/hardisknya error.

tampilan seharusnya jika hardisk berhasil dideteksi oleh BIOS

Untuk menangani error semacam itu, pengguna harus membongkar dulu PC atau laptopnya untuk mengecek kembali sambungan kabel data pada hardisk, mungkin kabelnya lepas/kurang kencang. Jika masih tetap error, cobalah menggunakan kabel data yang lain dulu (pinjem/beli di toko) Jika masih saja pesan error, cek hardisknya.

BACA JUGA:   Serunya Teknologi Intel 2in1

Mungkin hardisk mengalami bad sehingga tidak mau meload sistem operasi, ambil HDD tersebut dan pasangkan sebagai hardisk eksternal di komputer lain menggunakan USB to IDE/ USB to SATA converter, jika hdd bisa diakses, selamatkan dulu data-data yang ada di dalamnya.

Langkah berikutnya buang dulu semua partisi HDD tersebut, karena mungkin saja error boot terjadi karena MBR pada hardisk terhapus, repartisi ulang HDD tersebut, pasang kembali ke PC dan masuk ke BIOS dengan menekan tombol Del/F2.

Jika pada layar BIOS HDD tertampil, lakukan instalasi ulang OS nya menggunakan CD/DVD windows. Jika tidak ada masalah maka proses instalasi bisa berjalan lancar, dan berikutnya adalah memindahkan kembali data-data yang sudah kita backup tadi ke dalam hardisk komputer.


DMCA.com Protection Status

Reboot and select proper boot device or insert boot media in selected boot device and press a key (58), reboot and select proper boot device or insert boot media in selected boot device and prees a key (17), cara mengatasi reboot and select proper boot device (10), cara reboot komputer (9), cara memperbaiki reboot insert (8), insert boot media in selected boot device and press a key (7), cara mengatasi reboot and select proper boot device pada hdd sata (7), reboot and select proper boot device pada laptop (6), mengatasi reboot and select proper boot device (6), di komputer suka ada tulisan reboot and select proper boot device (5)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda