Mengecek statistik pengunjung blog


wordpress logoDalam dunia blogging, memantau statistik pengunjung yang masuk ke dalam blog adalah sesuatu yang perlu dilakukan. Fungsinya agar kita mengetahui artikel mana yang banyak dibaca oleh pengguna internet baik lewat search engine maupun lewat tautan di media sosial.

Adanya laporan terhadap aktivitas akses pada situs kita dapat kita jadikan sarana untuk memperkuat posisi blog dalam konsep SEO. Khusus untuk blog campur campur seperti punyaku ini, artikel yang dibaca pengunjung jadi lebih lebar temanya. Tetapi disisi lain juga menjadikan blog ini tidak terlalu fokus dan dalam dalam membahas satu tema tertentu.

Kembali ke masalah statistika blog, apa saja yang bisa kita ketahui dari laporan aktifitas tersebut? Ada beberapa poin yang bisa kita perhatikan disini

  1. Artikel apa yang paling banyak dibaca
  2. Peak time pengunjung
  3. Dari mana asal pengunjung
  4. Durasi kunjungan
  5. Returning visitor
  6. Keyword

Halaman apa yang menjadi top hit dari blog kita perlu kita ketahui, tujuannya agar kita lebih paham apa yang sebenarnya dicari pengunjung dari web kita. Setelah kita mengetahui jenis tulisan yang paling sering dibuka, kita bisa menambahkan beberapa artikel terkait dengan tema tersebut. Harapannya agar pembaca lebih betah berada di blog kita. Gunakan plugin related post link di bagian bawah postingan agar pengunjung tidak lari.

BACA JUGA:   Backlink?

site statistik wordpress

Peak time adalah waktu dimana pengunjung sering berkunjung, sebagaimana kita tahu, blog kita selalu online selama 7×24 jam. Dan selama itu pula maka pengunjung akan terus mendatangi blog kita. Secara general, peak time menunjukkan kapan kebanyakan pengunjung memanfaatkan internet untuk mencari informasi. Rata2 orang Indonesia menggunakan hari dan jam kerja untuk melakukan akses ke internet. Mungkin karena hobinya yang suka gretongan. Tapi mungkin saja untuk akses ke situs anda, peak timenya lain, tergantung sasaran user yang anda cari, apakah lokal, internasional, penggemar insomnia, tentunya punya peak time berbeda.

Asal pengunjung perlu diperhatikan jika blog yang kita buat berorientasi product/ service oriented. Sebagai contoh kita menggunakan blog untuk menawarkan produk kue basah milik orang tua, tentunya market yang cocok adalah regional, terbatas dalam lingkup satu – beberapa kabupaten sekitar. Bisa juga untuk kepentingan ekspansi produk, dengan menganalisis asal pengunjung kita lebih tahu di daerah mana produk kita lebih mudah diterima.

Durasi kunjungan masing2 user akan berbeda, dan rata2 untuk durasi kunjungan pun bisa kita lihat. Durasi ini memberitahu kita tentang kualitas konten yang kita miliki, kemampuan kita mengolah layout dan tata bahasa menjadi salah satu penunjang untuk membuat pengunjung betah bertahan membaca dan mencari informasi lebih dalam dalam blog kita.

BACA JUGA:   Memanfaatkan Google Analytics

Informasi pengunjung yang kembali ke blog kita juga mengindikasikan bahwa pengunjung tersebut cukup puas dengan kualitas blog kita sehingga merasa perlu kembali untuk mendapatkan informasi baru. Semakin banyak returning visitor juga menandakan tingkat kepercayaan pembaca terhadap sebuah media yang bersifat online.

Pembahasan terakhir adalah mengenai keyword, kata kunci apa yang lebih sering masuk dari search engine, atau yang paling banyak dicari dari blog kita. Untuk blog berbasis wordpress.org bisa menggunakan widget SeoSearchTerms tagging 2. Dengan widget ini kata kunci yang dirujuk oleh Search engine akan tampil dalam widget sehingga kita bisa mengetahui kata2 apa yang cocok untuk riset keyword selanjutnya.

Alat statistik apa yang bisa kita gunakan? banyak, paling sering digunakan adalah Google Analytics, pengguna wordpress juga bisa menggunakan wordpress stats untuk mengetahui statistik pengunjung yang masuk.



DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

3 tanggapan pada “Mengecek statistik pengunjung blog

  • Ihwan -Keluarga Biru

    (Januari 28, 2015 - 8:34 am)

    Cara mengetahui durasi kunjungan itu dari mana Yo?
    aku udah pakai gugel analitik tapi belum tahu cara mempergunakannya secara optimal.

    • anotherorion

      (Januari 28, 2015 - 11:48 am)

      bagian dashboard, my dashboard wan ono rata2 durasi tiap sesi nya

  • Priyo Harjiyono

    (Januari 5, 2015 - 3:51 am)

    statistik pengunjung blog bukan buat gaya2an karena blognya banyak yang akses, tapi biar kita lebih tau apa yang dicari pengunjung dari blog kita

Berikan tanggapan anda