Mengetahui Jenis RAM dari BIOS


RAM atau Random Access Memory merupakan perangkat komputer yang harus ada, fungsi RAM dalam komputer adalah sebagai media penyimpanan sementara. Kenapa RAM harus ada? Bukankah komputer sudah memiliki hardisk sebagai media penyimpanan?

Betul sekali.

Hardisk adalah media penyimpanan utama sebuah perangkat komputer, sedangkan RAM hanya penyimpanan sementara. RAM dibutuhkan karena ketika processor mengolah data, maka data tersebut dipindahkan dari hardisk ke RAM. Proses penyuntingan dokumen/ musik/ video terjadi di RAM. Itu kenapa jika RAM sebuah komputer kecil maka kecepatan komputer mengolah data juga lambat dan terasa lelet.

Sifat RAM yang sementara contohnya ketika kita membuka sebuah dokumen, dan dokumen tersebut masih kita olah, edit dan belum kita SAVE, maka ketika terjadi mati listrik, komputer mati tiba2 maka data yang belum kita simpan tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Tadi siang praktikum dengan anak2 SMK jurusan TKJ kelas X, dalam kurikulum 2013 ini pengenalan hardware komputer memang kurang ditekankan, dan porsinya dikurangi, jadi memang aku sengaja cari celah biar enggak terlalu susah buat menerangkan materi tentang RAM.

BACA JUGA:   Buku: Workbook CCNA Best Path Training Center

RAM terdiri dari beberapa jenis, ada RAM SDRAM, DDR, DDR2 DDR3, RDRAM dan lain sebagainya. Biasanya untuk mengetahui kapasitas RAM (dinyatakan dalam satuan Mb atau Gb) bisa dilihat dari menu properties pada Computer/My Computer. Sementara untuk mengetahui jenis RAM yang kita pakai dapat dengan cara membongkar komputernya (yang mana hal ini riskan dilakukan oleh pengguna yang masih awam) bisa juga menggunakan jalur BIOS.

Restart lah komputer anda, dan pada saat booting tekanlah tombol F2 atau Del, tergantung jenis BIOS yang anda gunakan, jika anda tidak yakin/tidak tahu jenis BIOS, tekan saja kedua tombol tersebut bersamaan dan berulang2 selama proses booting. Setelah masuk menu BIOS carilah deskripsi tentang jenis RAM anda, pada beberapa BIOS biasanya terletak di bagian menu utama, di versi BIOS lain mungkin di tempatkan di bawah menu berbeda.  Pada gambar di atas terdapat contoh tampilan informasi RAM dari BIOS, yaitu 4 keping memori DDR3 1024 MB (setara dengan 4 x 1 Gb RAM)


DMCA.com Protection Status

cara melihat ram di bios (6), cek ram di bios (3), cara melihat ram dengan bios (2), cara liahat ram di bios (1), cek ram lewat bios (1), cek jenis ram lewat bios (1), cara mengetahui kapasitas ram pada bios (1), cara mengetahui jenis ram pada BIOS (1), cara mengetahui jenis ram melalui bios (1), cara mengetahuhi tipe ram lewat bios (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda