Menggerakkan Ekonomi Masyarakat dengan Teknologi Informasi


Dewasa ini, perkembangan teknologi informasi cukup pesat, hal ini ditandai dengan penetrasi produk-produk berteknologi informasi yang cukup masif di pasaran. Smartphone misalnya, saat ini dimiliki hampir 90 juta pengguna di Indonesia. Data dari APJII 2015 bahkan menyebutkan pengguna internet di Indonesia mencapai angka 139 juta jiwa. 85% usernya menggunakan smartphone untuk melakukan akses internet.

Semakin membesarnya jumlah populasi pengguna internet di Indonesia menjadi daya tarik tersendiri tidak hanya pengusaha lokal tetapi juga para pengusaha global, beraneka layanan internet global bahkan membuka kantor cabangnya di Indonesia, seperti Google dan Facebook. Sementara marketplace luar negeri juga mulai menyediakan layanan berbahasa Indonesia.


Yang menarik dari populasi ini adalah semakin meningkatnya transaksi elektronik di Indonesia, terutama dari sektor perbankan dan ecommerce. Startup ecommerce mulai bermunculan disana sini, baik yang berbasis consumer to consumer, business to consumer maupun business to business. Peningkatan jumlah transaksi elektronik ini menguntungkan banyak pihak, mulai dari produsen, bank, penyedia layanan ecommerce, jasa logistik, konsumen dan juga pemerintah.

Sektor digital marketing yang sebelumnya hanya dianggap sebagai supplemen untuk media periklanan saat ini sudah memperoleh porsi yang lebih besar, beberapa industri yang bergerak di consumer goods dan perhotelan mulai mengalokasikan hampir 20% dari biaya periklanan mereka lewat media digital. Peningkatan kebutuhan ini memberikan peluang kepada masyarakat yang bergerak di bidang digital advertising, baik yang memiliki digital agency resmi atau bahkan person.

BACA JUGA:   Buku: Strategi Periklanan pada E-Commerce Perusahaan Top Dunia

Blogger, youtuber & instagramer sebagai contoh personal digital memperoleh banyak keuntungan dari beraneka campaign yang diselenggarakan oleh perusahaan. Banyak perusahaan yang merekrut jasa blogger untuk menjadi brand ambassador maupun buzzer digital. Sementara di social media instagram, anak-anak muda memperoleh kesempatan untuk ikut ambil bagian dalam brand promotion dengan mengandalkan visual/video advertising.

statistik-pengguna-internet-di-indonesia


Jasa logistik pun kebanjiran rejeki dari meningkatnya bisnis online ini. JNE sendiri mencatat hampir 40% layanan mereka berasal dari transaksi digital lewat jejaring internet. Kebutuhan ini mengharuskan para penyedia jasa logistik merekrut lebih banyak tenaga dari masyarakat untuk menjamin kelancaran bisnis distribusi mereka. Beberapa UMKM yang lini produknya tidak bersentuhan langsung dengan masyarakat pun mendapatkan peningkatan penjualan. Sebagai contoh, penyedia layanan sandal, sabun hotel, produsen kotak packaging, saat ini dapat melayani permintaan luar daerah dari promosi yang mereka lakukan di internet.

Masyarakat kini tidak lagi bisa melihat sektor digital sebagai sebuah barang baru atau bahkan ancaman terhadap kelangsungan bisnis mereka. Masyarakat perlu menerapkan teknologi informasi dalam melakukan aktifitas bisnis mereka sehari-hari, mulai dari melakukan promosi, menerima pesanan dan mengirimkan barang. Untuk penyedia jasa, yang seolah sulit untuk bergerak dari kungkungan letak geografis masih bisa mengambil keuntungan dari Internet. Bengkel mobil di daerah misalnya, memang pada bulan-bulan biasa tidak akan terlalu berharap banyak terhadap keuntungan signifikan dari promosi bengkelnya di internet, tapi akan berbanding terbalik di masa liburan atau lebaran, dimana para pemudik akan mencari informasi bengkel kendaraan menggunakan smartphone mereka.

BACA JUGA:   Semarak HarBOLnas Ala Zalora

Layanan internet dan infrastruktur komunikasi yang digawangi provider komunikasi seperti XL, mampu menjadi tulang punggung sektor perekonomian Indonesia, yang digerakkan oleh masyarakat dan UMKM. Pertanyaannya, sudahkah anda menggunakan manfaat dari internet untuk mendukung perekonomian anda?


DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda