Menggunakan User Agent Switcher Add ons


Sebagaimana kita tahu bahwa widget seperti Feedjit, flag counter, histat mampu menampilkan secara realtime data pengunjung website kita, baik itu asal negara, alamat IP, provider ISP yang digunakan berinternet, sistem operasi yang kita gunakan maupun browser apa dan versi berapa yang kita pakai untuk membuka halaman web tersebut.

Mengapa data-data tersebut bisa diketahui oleh orang lain atau dalam hal ini penyedia widget maupun pemilik website? Hal tersebut bukanlah data yang bersifat pribadi dan memang digunakan dalam protokol komunikasi data untuk memastikan data yang direquest tersebut tepat sasaran dan sesuai dengan kondisi klien.

Sebagai contoh, saat ini rata-rata website sudah mampu membedakan perangkat lunak pengaksesnya, jika diakses menggunakan laptop maka server website tersebut akan merespon dengan mengirimkan mode desktop, sedangkan jika diakses menggunakan tablet atau smartphone maka server akan memberikan mode mobile kepada device pengunjung. Kenapa website bisa tahu bahwa user menggunakan platform android bukan iOS misalnya? hal tersebut karena ada sebuah user agent yang memberi tahu website platform apa yang dipakai usernya.

BACA JUGA:   7 Aplikasi Android yang wajib dimiliki blogger

mobile computing

Dengan demikian pengunjung yang menggunakan device mobile dapat menghemat biaya paket data yang digunakan, karena versi website yang mereka terima memang versi light bukan tampilan full version.

Sementara sebagai pemilik website / blog, data tersebut sangat berguna untuk mengetahui karakteristik pengunjung. Apakah sebagian besar pengunjung kita berasal dari platform komputer atau justru menggunakan perangkat mobile? Jam berapa pengunjung paling suka datang ke website kita, postingan mana yang dituju, dari wilayah mana saja mereka, berbahasa apa dan seterusnya.

Saat ini blog yang mobile friendly sangat diminati Google mengingat pangsa pasar dari segmen mobile ini meningkat drastis sejak diluncurkannya berbagai versi Android, dan oleh sebab itu, membuat blog yang ramah terhadap pengguna ponsel sangatlah penting bagi para blogger.

Untuk mengecek apakah blog kita sudah mobile friendly kita bisa mengaksesnya via smartphone dan melihat apakah pada tampilan layar smartphone tampilannya berbeda dengan tampilan desktop? Jika berbeda dan terkesan lebih simpel, maka tampilannya memang sudah mobile friendly.

Tetapi ada cara yang lebih mudah tanpa harus menggunakan smartphone, yaitu menggunakan add ons bernama user agent switcher pada mozilla maupun chrome, atau jika kita lebih suka mendownload aplikasi bisa mendownload opera mobile classic sesuai tipe OS laptop kita masing-masing.

BACA JUGA:   Apa itu Spin Article

Dengan menggunakan addons user agent switcher maka kita bisa memilih berbagai mode tampilan perangkat antara lain default (desktop), android, iOS, firefox, chrome, bahkan tampilan dari bot (Google Bot, Slurp Yahoo dan Bingbot). Cara menggunakannya cukup mudah karena setelah menginstal kita tinggal melakukan klik kanan pada icon agent switcher dan memilih mode yang diinginkan.



DMCA.com Protection Status

Cara install Add-ons User Agent Switcher di laptop (2), cara pakai User-Agent Switcher A (1), Tips Memilih user agen untuk imacros (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda