Menghidupkan kembali Business Center Bina Harapan


Business Center atau Unit Produksi dalam lingkup Sekolah Menengah Kejuruan merupakan salah satu hal yang wajib dimiliki oleh setiap SMK. Tujuan adanya business center adalah untuk melatih jiwa kewirausahaan siswa, karena salah satu output SMK adalah menghasilkan wirausahawan di bidang yang mereka kuasai.

Sebagai SMK dengan jurusan Teknologi Informasi maka Business Center SMK Bina Harapan bergerak di bidang layanan komputer dan peripheral. Meliputi penjualan, perawatan dan jasa.

Business Center SMK Bina Harapan sebenarnya sudah ada sejak lama, akan tetapi selama empat tahun terakhir ini mengalami mati suri karena ditinggalkan para pengurusnya yang telah beralih profesi. Aku sendiri, karena kesibukan di tempat lain tidak bisa nguri-uri business center tersebut sehingga mangkrak selama empat tahun.

unit produksi, bisnis center sekolah

Nah saat ini business center/ unit produksi SMK Bina Harapan mulai dihidupkan kembali, dengan melibatkan siswa secara aktif di dalam organisasi business center tersebut.

Beberapa produk aksesoris komputer yang ditawarkan seperti mouse dan keyboard gaming, flashdisk, cooling pad, pembersih CD, memory card dan lain-lain. Sementara untuk jasa perawatan dan instalasi kami menerima permintaan dari pihak internal maupun eksternal. Baik berupa maintenance software seperti menghilangkan virus, memasang anti virus, maupun maintenance hardware seperti perawatan perangkat dan penggantian sparepart.

BACA JUGA:   Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

Khusus untuk lini jual beli komputer dan laptop, kami bekerjasama dengan beberapa toko komputer yang menjadi suppliernya, saat ada permintaan dari klien barulah kami merakitkan sesuai dengan kebutuhan dan dana yang tersedia.

Teknisi Business center kami ambil dari siswa kelas XI dan XII, siswa kelas XII rata-rata sudah memiliki pengalaman troubleshooting perangkat dan peripheral komputer setelah melakukan Praktek Kerja Industri selama 2,5 bulan di berbagai rekanan SMK Bina Harapan di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dengan adanya kerjasama dengan berbagai pihak, terutama toko-toko komputer di wilayah Jogja, sangat membantu kami dalam mengembangkan business center, unit produksi maupun sebagai partner Bursa Kerja Khusus. Harapan kami, business center ini dapat memberikan manfaat untuk putra-putri kami, agar mereka bisa mendapatkan pengetahuan lebih bukan hanya dari segi pengetahuan teori, maupun praktik tetapi juga mereka dapat terlibat dalam manajemen sebuah unit layanan. Hal tersebut dapat menjadi wadah bagi mereka untuk belajar bagaimana cara untuk menjadi seorang entrepreneur lokal berbasis kompetensi yang telah mereka pelajari selama bersekolah di SMK.

BACA JUGA:   Beberapa aksesoris komputer yang perlu ada di Business Center SMK




DMCA.com Protection Status

bisnis center dan unit produksi smk (1), tulisan semangat ukk di pcb (1), unit produksi atau bussiness centerjurusan tkj (1)

Post You May Also Like

Tentang anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.
Tulisan ini dipublikasikan di pendidikan dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *