Menghilangkan Windows Genuine Advantage


Sebulan terakhir ada logo cukup mengganggu di layar laptopku yaitu logo WGA (windows genuine advantage) dari namanya aja udah pasti klo aplikasi itu aplikasi peringatan dari microsoft karena terdeteksi menggunakan windows bajakan. Sebagai pengguna software2 bajakan menahun sebenernya sih gapapa lah wajar aja klo dapet peringatan gitu, cuma yang aku sebel wallpaper desktop ku jadi blackscreen tiap laptop dihidupin, percuma pasang wallpaper macem2 klo abis restart item lagi.

Iseng2 aku nyoba buat nge-kill WGA pake processxp yang diload dari file WGATray.exe di direktori /windows/system32. Eh ternyata biar udah di kill dia malah nantangin dengan nongol lagi dan lagi, dari tampilan di processXp dia ternyata minta perlindungan ke salah satu service rutin windows untuk kembali diaktifkan.

Ngerasa mangkel aku langsung meluncur ke system32 dan ngebuang file WGATray itu, baru deh dikill processnya. Lagi2 hasilnya nihil, meski aplikasi dibuang dia nongol lagi nongol lagi baik di desktop maupun di system32.

Karena mangkel ngerasa dibodoh2in program geblek itu aku langsung ngubek2 beberapa tools windows yang aku curigai menyimpan registrynya, dimulai dari msconfig, services.msc, gpedit.msc bahkan pencarian registry di regedit pun tidak menampakkan hasil adanya entry registry yang memuat proses WGA.

BACA JUGA:   Jenis-jenis memory semikonduktor

windows genuine advantage

Tadinya aku pikir itu semua cuma akal2an antar program microsoft untuk saling melindungi biar kita nyerah n beli windows asli, aku nyobain deh HijakThis dari PcCillin buat nyari key string WGA, lagi2 baris per baris laporan hijakthis tidak menemukan adanya perintah load secara langsung atau tidak langsung ke program itu… Lha pertanyaane kok iso ndongol2 terus????

Mencoba berpikir positif akhirnya kembali meluncur ke system32 menganalisa satu persatu kemungkinan adanya file/program bantuan yg berfungsi melindungi aplikasi ini seperti beberapa jenis virus yang sering aku jumpai. Dan ENG ING ENG, ternyata tepat di samping file WGATray.exe ada satu file yaitu WGAlogon.dll nah kayake tersangkanya udah ketemu, setelah direname dua file itu n aku pasang opsinya jadi read only baru deh aku ngekill WGA n hasilnya dia ngilang tuh dari screen.

Nah klo pengen bener2 bersih ( biarpun kasus terselesaikan ) tambah lagi hapus file LegitCheckControl.dll juga di system 32 dan folder registry WGAlogon diĀ  HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftWindows NTCurrentVersionWinlogonNotify

BACA JUGA:   Amazing Sleman, mengenal potensi wisata Sleman lewat ponsel


DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda