Mengoptimasi Gambar di Toko Online Sehingga Ringan dan Enak Dilihat


Ketika berkunjung ke sebuah online shop, pengunjung menjadi lebih tertarik kepada produk saat melihat ada foto produk yang jelas dan cantik. Dengan adanya visual seperti ini, maka akan lebih mudah bagi pengunjung untuk membandingkan satu produk dengan yang lainnya, mencari tahu mana yang mereka sukai, dan pada akhirnya membeli produk Anda. Itulah sebabnya ketika membuat website toko online, sangatlah penting untuk memperhatikan elemen ini.

Namun ini tidak berarti Anda tinggal langsung mengunggah foto begitu saja. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan di dalam menggunakan foto untuk membuat situs toko online. misalnya:


apa tujuan job review

  1. Gambar tidak boleh membuat halaman situs menjadi lambat untuk loading, karena pengunjung bisa kabur.
  2. Gambar haruslah jelas dalam memberikan ilustrasi sebenarnya untuk produk, sehingga tak terkesan menipu.
  3. Gambar harus diambil dari segala angle dan berbagai variasi produk yang ada supaya pilihan semakin terlihat banyak.
  4. Pakailah gambar yang Anda ambil sendiri, atau jika harus mengambil gambar milik orang lain, pastikan Anda dapat izin dan sudah memberikan kompensasi sepadan.
BACA JUGA:   Cari Resep Kuliner Nusantara di Dunia Maya? Disini Tempatnya

Tapi itu saja juga tidak cukup. Ada satu langkah ekstra lagi yang harus Anda lakukan, yaitu optimasi gambar agar memudahkan pencarian dan ringan untuk loading. Ini dia:

  1. Ubah format gambar menjadi lebih kecil, ringan untuk di-load, tapi kualitas gambar terjaga.
    Kecilkan ukuran gambar menggunakan software edit gambar yang Anda miliki, sehingga ukurannya tak terlalu besar.
  2. Cukup berikan thumbnail di laman, dengan pilihan mengklik gambar untuk memperbesarnya. Ini akan sangat menghemat waktu loading.
  3. Ubah nama file gambar yang sebelumnya DC1938.jpg menjadi contohnya topi-merah-wanita.jpg yang lebih deskriptif dan ada kata kuncinya.
  4. Gunakan ALT Tag agar ketika mouse di-hover dekat gambar, muncul deskripsi lebih rinci.

Berhubung gambar adalah bagian utama dari proses membuat website toko online, sebaiknya Anda lakukan langkah-langkah di atas sehingga tampilan website lebih optimal. Jika mengalami kesulitan, mintalah bantuan jasa marketing profesional yang ada di internet. Partner Iklan salah satunya, adalah agensi marketing yang akan membantu Anda membuat website, optimisasi, sampai dengan mengumpulkan data pengunjung dan mengolahnya.


DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda