Menjadi Kolektor Action Figure


Pada awalnya, aku sama sekali gak kepikiran untuk menjadi kolektor action figure. Harga jual action figure memang cukup mahal. Berbeda dengan mainan anak biasa yang dijual di toko mainan biasa, toko mainan action figure memiliki segmen peminat yang lebih mature, lebih tebal modalnya dan lebih tua mukanya.

Dulunya aku berpikir dimana sih bisa nemu toko mainan yang jual action figure ini? Ada beberapa toko action figureJogja yang sering kusambangi untuk mencari lini figure yang aku koleksi. Tetapi sayang, tidak selalu lini tersebut ada.

Lini yang kukoleksi adalah HDM (Hyper Detail Molding) dan Ulsol (Ultimate Solid). Kedua lini ini sebenernya sama, berbentuk statue dengan tinggi antara 11-12 cm. Hanya beda versi tahun pembuatan saja. Selain itu, kedua lini ini masih memiliki beberapa varian yakni HD, HD Memorial, HDX, HD Limited, HDA (untuk figure sentai)

Sebagai mainan statue, keasyikan bermain lini ini bukan pada kemampuan pose-able nya seperti articulated figure. HDM dan ulsol merupakan lini dengan detail kostum terbaik. Sayangnya Kamen Rider Figure terakhir dari lini ini hanyalah Gaim, tidak ada Drive, Ghost, new Amazon apalagi Ex Aid.

BACA JUGA:   Koi Akuarium

Dimana toko mainan yang jual action figure?

Untuk toko mainan action figure Jogja bisa liat postinganku yang lain. Nah untuk yang ada diluar kota Jogja dan pengen beli action figure, bisa nih beli dari beberapa rekan yang ada di berbagai kota. Akun-akun dibawah ini rekomended seller dan aku sering jadi repeat buyer mereka. Kalian bisa menemukannya di facebook dengan mengetikkan nama-nama berikut ini.

Kakashi Alfamizie –  Penjual action figure Cirebon ini paling rajin melakukan lelang. Dengan lelang, bisa saja kalian mendapatkan action figure murah tetapi harus bersaing dengan para peserta lelang yang lain.

jual action figure harga hdm kamen rider putotyra

Yudi Hartono – pemilik toko mainan di Malang, MegaBase ini punya lini mainan yang cukup lengkap, jika kalian penggemar sejenis robot-robotan jadul macam Mazinger atau Zordnya sentai, toko robot satu bisa jadi referensi kalian. Orangnya ramah dan sering bonusin pembeli

Adityo Purbowibowo – Untuk penggemar action figure di Bandung, boleh kepoin akun facebooknya mas Adityo. Pekerja bank yang hobi mengkoleksi robot-robotan ini juga sering melakukan lelang untuk melepas barang-barang dagangannya.

Jefri Rider Showa Panggabean – Kolektor kelas kakap lintas lini yang tinggal di Depok ini gak bisa dipandang remeh koleksinya. Selalu ngaku newbie dimana-mana tapi kolprinya sekelas dewa. Om Jefri orangnya enak buat diajak sharing dan ngasih tau tips-tips koleksi. Gak jarang aku dapet barang rare dari penggemar Arsenal satu ini.

BACA JUGA:   Pentingnya Mainan Bayi Bagi Perkembangan

Haibara Kudokid – penjual action figure di Solo ini salah satu seller pertama yang sering aku porotin koleksi HDMnya. Orangnya ramah, taktis dan fast response.

Sebenarnya masih banyak lho penjual lain yang juga rekomended dan tersebar di berbagai kota. Cuma aku jarang jual beli sama mereka karena beda aja lini action figure yang aku cari sama yang mereka tawarkan.

Tips buat yang mau beli action figure online di Facebook

  1. Liat umur akun FB penjualnya. Klo baru mending skip aja
  2. Liat interaksi akun mereka, komentar-komentar yang masuk positif/negatif
  3. Apakah mereka bersedia make jasa transaksi pihak ketiga seperti tokopedia/bukalapak. Klo tidak bersedia, pertimbangkan baik-baik resikonya
  4. Lihat mutual friendnya, konfirmasi ke mutual friend kita apa orang tersebut dapat dipercaya?
  5. Jika tidak memiliki mutual friend, minta rekomendasi di grup-grup action figure terhadap kepercayaan akun si penjual


DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda