Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah


Kebersihan merupakan sebagian dari iman, begitu kata pepatah yang berasal dari ajaran kebersihan lingkungan Agama Islam mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Dengan lingkungan yang bersih tentunya akan memberikan dampak yang nyaman dan tentram bagi warga-warga sekitarnya. Dan jika lingkungan sangat kotor dan kumuh maka akan menyebabkan warga enggan ke lingkungan tersebut. Disini jelas terlihat bahwa memnag merupakan perwujudan nyata, termasuk kebersihan lingkungan sekolah.

Dengan lingkungna sekolah yang bersih, tentunya akan membuat para siswa menjadi betah dan nyaman menuntut ilmu di sekolah. Dan sebaliknya, jika lingkungan sekolah kotor seperti tak terawat maka juga aka mempengaruhi konsentrasi siswa ketika belajar.

Nah, berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah yang dapat diterapkan oleh para guru dan siswa sekolah.

kebersihan lingkungan sekolah

  1. Membuat program sekolah hijau, yakni mengadakan kegiatan rutin menanam berbagai tumbuhan hijau di sekolah.
  2. Mendaftar atau menginvestasikan dan melaksanakan perogram sekolah hijau
  3. Membuat tata tertib kebersihan dan kelestarian lingkungan sekolah.
  4. Mengadakankan pengawasan dan penegakan kedisiplinan terutama untuk kebersihan lingkungan.
  5. Menaruh beberapa tempat sampah yang mudah dijangkau oleh siswa untuk membuang sampah.
  6. Mengadakan gerakan peduli dan cinta kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah.
  7. Memanfaatkan hari-hari besar nasional seperti ahri kemerdekaan, hari kartini atau hari pendidikan nasionak untuk melakukan aksi gerakan peduli lingkungan.


DMCA.com Protection Status

apakah iman dari menjaga kebersihan lingkungan sekolah (1), buatlah opinions tentang jagalah kebersihan kelas (1), contoh gambar kerja bakti disekolah (1), Warning kebersihan lingkungan sekolah (1)

Post You May Also Like

BACA JUGA:   Evaluasi Kurikulum 2013

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda