Merawat RAM


RAM atau Random Access Memory merupakan jenis memory utama pada komputer, laptop, tablet maupun smartphone. Di dunia komputer dan laptop, RAM dapat diupgrade karena tersedia dalam bentuk slot. Memory komputer sendiri terbagi menjadi dua yaitu Read Only Memory dan Random Access Memory.

Tidak seperti ROM yang bersifat static dan permanen, RAM bersifat dinamis dan sementara. Lalu apa sih fungsi RAM dalam komputer? Seperti kita tahu, data dalam komputer disimpan dalam hardisk. Ketika kita mengakses sebuah data, processor akan memanggil data tersebut dari hardisk dan meloadnya pada RAM agar data tersebut bisa kita manipulasi/edit. Dokumen baru yang kita buat pada office disimpan terlebih dahulu pada RAM dan baru akan disimpan di hardisk ketika kita menekan tombol Save. 

Itulah kenapa ketika kita belum menyimpan dokumen dan komputer mati tiba2, maka data tersebut hilang. Benar sekali, karena data itu masih tersimpan di RAM, dan data di RAM akan hilang seiring dengan hilangnya sumber daya (listrik).

BACA JUGA:   Menembus Blokade Nawala

Jika demikian kenapa data tidak diedit di hardisk saja? hardisk berisi cluster yang menunjukan posisi data, ketika data diedit, maka pin hardisk akan bekerja sangat keras melakukan penimpaan cluster data. Kecepatan hardisk piringan saat ini sekitar 7200 rpm. Jika hardisk dipaksa melakukan hal tersebut, maka umur hardisk tidak akan panjang. RAM terbuat dari komponen digital sehingga tidak memerlukan piringan berputar dan pointer yang melakukan perubahan2 data. RAM memiliki alokasi space terpisah dan kecepatan sendiri, dan sebaiknya kecepatan RAM (disebutkan dalam ukuran PC, misal pc 2700) lebih besar dari clock processor agar tidak terjadi bottle neck.

Meski fungsi RAM penting, RAM juga termasuk komponen komputer yang memerlukan perawatan, terutama dari debu. Seringkali, komputer tidak dapat menyala dan ternyata masalah berada di RAM. Mengganti RAM mungkin bukan opsi pertama meski harganya sekarang semakin terjangkau, karena pada dasarnya merawat RAM itu mudah.

Mengapa banyak produsen RAM berani memberikan garansi lifetime untuk memori ini? Tentu karena mudah saja memperbaiki RAM rusak, selama tidak terjadi kerusakan fisik (terbakar/terkelupas/patah). Tahukah anda, memperbaiki memory RAM di service komputer hanya memerlukan sebuah penghapus pensil? betul hanya menggunakan penghapus pensil.

BACA JUGA:   Repair virus Heur VBE tanpa antivirus

Ketika RAM kita bermasalah, copotlah dari slotnya kemudian gosokkan pada bagian pin yang terhubung pada slot RAM (berwarna keemasan di bagian bawah RAM) menggunakan karet penghapus. Seringkali masalah RAM karena pin tersebut tertutup debu sehingga koneksi antara RAM dengan motherboard menjadi terganggu, dan karet penghapus dapat memperbaiki hal tersebut. Standar perawatan seperti inilah yang diterapkan di semua toko penyedia servis komputer ketika menghadapi masalah RAM error. Cukup mudah bukan? dengan mengetahui ilmu sederhana ini anda dapat menghemat beberapa puluh ribu rupiah ketika menghadapi permasalahan hardware komputer.


DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

2 tanggapan pada “Merawat RAM

  • Priyo Harjiyono

    (Desember 15, 2013 - 7:05 am)

    gosok wae kang :))

  • Chüsnul Mustain

    (Desember 15, 2013 - 6:14 am)

    Iya nih, sering dapat masalah dengan RAM yang kadang manja, pengen dielus-elus sama penghapus pensil

Berikan tanggapan anda