Minuman Sampah


Hehehe judul diatas sebetulnya hanya translatean nama minuman khas daerah Imogiri yaitu wedang uwuh, wedang = minuman, uwuh = sampah, jika dilihat dari bahan2 pembuatnya wedang ini memang terlihat dibuat dari sampah2 organik. Wedang uwuh banyak di jual disekitar makam raja2 Mataram di Imogiri.

Kenapa orang masih mau minum sampah? yang pasti sebutan wedang uwuh dikarenakan bahan2 pembuatnya yang dimasukkan rame2 ke gelas tanpa disaring, bahan2 itu kemudian ditubruk air panas dan disajikan ke konsumen, klo yang belum pernah nyobain mungkin bisa terheran2 dan nggak mau minum.

Pertama aku nyobain wedang uwuh waktu jadi relawan gempa jogja di utara imogiri, meski awal2nya jijik lama2 doyan juga, anget di badan, pas buat malem2

Ramuan aslinya hanya jahe, daun pala, daun kayu manis, dan daun cengkeh plus gula, tapi kemudian ditambahkan kayu secang biar warnanya menjadi merah, wedang ini tidak mengandung bahan2 kimia karena berasal dari bahan2 alami yang terdapat di sekitar imogiri.

Nah ini khasiat wedang uwuh

  • Menurunkan kolesterol
  • Sebagai Anti Oksidan
  • Menyegarkan badan
  • Menghilangan pegal dan capek-capek
  • Melancarkan aliran darah
  • Menyembuhkan dan mencegah masuk angin
  • Menghangatkan badan
Klo tidak sempat ke imogiri, ada juga yang jualan bahan mentahnya per satu porsi, ada juga yang berinovasi dengan membuatnya mirip teh celup yang ringkas, kira2 ada yang pengen bikin inovasi wedang uwuh made in sendiri ga yah? mungkin ditambah lidah buaya, kunir asem, daun bawang, irisan cabe, mbuh rasane koyo ngopo

gambar nyolong dari sini dan sini
referensine sini dan sini



DMCA.com Protection Status

wedang semrawut (1)

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda