Modul Peripheral Jaringan Pada Komputer Terapan


Sedikit agak bingung sebenernya ketika mendapati adanya materi pokok peripheral – peripheral jaringan dalam komputer terapan di Mata Pelajaran Komputer Terapan Jaringan. Pertama karena isi dari materi pokok tersebut berupa protokol komunikasi yang banyak saya gunakan di lingkungan pemrograman mikrokontroller.

Komunikasi UART (Universal Asynchronous Receiver Transmitter), USART (Universal Synchronous Asynchronous Receiver Transmitter), SPI (Serial Peripheral Interface), SCI (Serial Communication Interface), maupun ADC (Analog to Digital Converter) dan DAC (Digital to Analog Converter) sering sekali saya gunakan di lingkungan mikrokontroler, tetapi, hampir tidak pernah saya pedulikan dalam konteks komputer jaringan.

Kenapa?

Materi yang mempelajari device utama jaringan, seperti Router, Switch, Server dan Access Point lebih banyak adalah materi jaringan praktis, sesuai dengan fungsi perangkat tersebut dalam computer networking. Disini kita hanya akan mempelajari seputar routing protokol, VLAN, bermacam2 server, maupun berbagai mode Access Point. Tetapi dengan dimasukkannya materi semacam UART dan USART menjadi tanda tanya besar, kenapa materi dasar yang enggak pernah disentuh dan tidak pernah muncul dalam konfigurasi tiba2 dibuka?

Dasar komunikasi data antar perangkat networking memang pada dasarnya menggunakan mode transmisi semacam UART/USART, yaitu menerapkan adanya pin Rx dan Tx untuk saling berkomunikasi, pun pengkabelan UTP cross dan straight dalam menghubungkan perangkat2 jaringan juga mengikuti aturan Rx Tx ini. Namun sekarang hal tersebut sudah tidak dianggap terlalu penting dalam dunia jaringan, karena berbagai macam protokol jaringan telah mengambil alih pemilihan mode transmisi ini dalam bentuk auto maupun default, sehingga para administrator jaringan cukup terima jadi dan lebih berfokus pada konteks yang lebih lanjut, misalnya handshake protocol, penggunaan secure layer dan lain sebagainya.

BACA JUGA:   Buku Cisco CCNA Bahasa Indonesia

peripheral jaringan pada komputer terapan

Mode2 transmisi serial tersebut pada akhirnya terlupakan dari dunia jaringan, maupun dunia komputer pada umumnya. Penggunaan kernel, shell dan GUI yang semakin canggih membuat pengetahuan terhadap transmisi hardware ini mulai bias. Berbeda dengan mereka yang berkecimpung dalam pemrograman mikrokontroller dan embedded system, rata2 untuk melakukan koneksi antar hardware diperlukan juga pengetahuan bagaimana protokol komunikasinya. Karena setiap device memiliki protokol komunikasi berbeda2, ada yang menggunakan USART/UART, SPI, I2C (Inter-Integrated Circuit) bahkan 1-Wire.

Saat materi2 ini kembali muncul dalam mapel komputer terapan jaringan, saya mencoba memahami keinginan pembuat silabus yang memasukkan materi ini. Sebagai informasi, dalam dunia mikrokontroller, protokol USART/UART sering digunakan untuk komunikasi mikrokontroller dengan PC, misal mengirimkan data dari sensor untuk diakusisi PC, melakukan programming mikrokontroller, kemudian SPI, SCI, I2C dan 1-Wire digunakan mikrokontroller untuk berhubungan dengan sensor, real time clock, mengakses data pada SD card dan lain2. ADC biasa digunakan untuk mengubah input sensor analog agar bisa dibaca dalam bentuk digital, sementara DAC berlaku sebaliknya, bagaimana mengubah output digital agar bisa keluar sehalus gelombang analog.

Setelah melakukan googling kesana kemari akhirnya saya menemukan beberapa informasi seputar protokol komunikasi hardware yang memang sebenarnya masih cukup banyak digunakan dalam dunia komputer maupun jaringan secara umum, tanpa melibatkan mikrokontroller, misalnya SPI digunakan sebagai standar komunikasi dan pengaksesan memory card (SD card dan MMC card). Komunikasi Keyboard dan Mouse berinterface PS/2 menggunakan protokol I2C yang menggunakan satu kabel data dan satu kabel clock sebagai referensinya. Komunikasi USART dipertahankan dalam konteks jaringan terutama komunikasi antara DTE (Data Terminal Equipment) dan DCE (Data Communication Equipment)

Pun begitu, saya masih terus menunggu dirilisnya buku resmi komputer terapan jaringan agar lebih yakin dalam memberikan materi kepada siswa. Sementara itu saya mencoba menyimpulkan hasil browsing saya dalam sebuah modul presentasi power point untuk materi Peripheral-peripheral jaringan pada komputer terapan.

BACA JUGA:   Default Routing




DMCA.com Protection Status

materi tentang spi dan sci (3), periferhal jaringan pada komputer terapan (2), protokol usart (2), Apa itu UART dalam dunia internet? (1), periperal jaringan pada komputer terapan (1), peripheral jaringan komputer (1), peripheral komputer power point (1), pertanyaan seputar peripheral jaringan (1), pheriperal jaringan kpmputer USART (1), power point peripheral komputer terapan (1)

Post You May Also Like

Tentang anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.
Tulisan ini dipublikasikan di komputek, pendidikan dan tag , , , . Tandai permalink.

3 Respon untuk Modul Peripheral Jaringan Pada Komputer Terapan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *