MulkiLevel Marketing


Seorang bersetelan jas perlente dengan senyum manis dan cara bicara yang meyakinkan, ngebet bener deh ngajakin buat ikut bisnis bareng dia. Dari awal ngeliat cara bicaranya sih dah yakin deh klo itu tuh cuma bullshitan MLM, bener juga ternyata emang dia ngebullshit nawarin MLMnya dia, hasembuh

Dari awal model2 MLMan yang marak kek Tianchuk, sampe MLM minyak goreng keknya dah banyak bertebaran enggak di alam nyata enggak di alam gaib. Dari dulu yang nawarin ke gw kok ya modelnya gitu2 aja, gak ada perkembangan (lha iyalah lha wong sama2 modele MLM kok piye meneh)

Tapi suer enggak ngerti banget dengan yang namanya MLM itu, emang sih dari jaman SMA klo dicurhatin tentang MLM sama tukangnya cuma bisa Ah Oh Ah Oh gak jelas, giliran dah keluar BLENG ilang meneh gak berbekas mudeng2nya

Meskipun gw gak tau deh entah MUI sudah ikut2an mbikin tweet fatwa halal haram soal MLM khususon aku sendiri memfatwakannya HALAH!!!

Logikaku gini deh, orang mau ikut MLM harus bayar sekian rupiah, klo mau langsung yang dapet bintang tujuh ya bayar yang banyak. Berhenti di situ?? enggak! Kita juga harus nyari korban (klo mereka bilang sih downline). Keknya modus ini juga yang dipake NII buat mempromosikan MLM, cuma yang berani bayar, yang bisa jadi downline warga NII.

Ada kenalan dulu ngebet banget ikutan MLM mie instan, suruh bayar 2 juta, ya dapetnya mie instan sekamar deh, akhirnya bener deh mienya cuma dibagi2 n dibuang2 ke tong sampah.

Ada lagi temen yang ber-xx ikutan MLM yang sama, berharap bisa dapet masukan dari sana sini, bul podo wae, entek bandane, semua itu demi apa? poin katanya ??? pret lah

Fine ayo coba deh kita bandingkan, anggaplah kita punya uang 2 juta buat modal. Pilihannya modal 1 juta buat ikut MLM dan 1 juta buat jualan manual.

Dengan modal 1 juta, kita bisa dapetin level menengah agak bawah dalam sebuah MLM , mungkin dapet bonus produk dan poin. Trus kita harus nyari orang lain yang mau ngeluarin duit 1 juta buat jadi downline kita.

Dari situ kita harus terus menerus merekrut downline, mencari poin dan poin. Klo dalam skema masing2 MLM sih harusnya kita dah bisa balik modal dalam 3 bulan, klo enggak ya beneran balik modyar

Dengan modal 1 juta, sudah bisa mangkal jualan pulsa di pinggir jalan, cari lokasi strategis deket kampus yang aman dari razia satpol PP. Berapa hari balik modal? gak butuh seminggu!

Yang aneh menurutku dalam bisnis MLM, kita tau tuh produk dibuat di pabrik, tapi kenapa bisnis ini gak ditawarkan ke buruh pabrik mereka sendiri?? kan menurut aku sih dengan bisnis MLM yang konon menggiurkan itu seharusnya bisa mengangkat ekonomi buruh2 mereka menjadi jutawan2 baru? kok ada orang yang masih sempet2nya masih mau jadi buruh pabrik MLMnya sementara untuk menjadi jutawan mendadak mereka cukup promosiin produknya ke temen2nya?

Trus, tiap upline selalu muluk2 menjanjikan kita bisa dapet bonus kek mobil, rumah, pesawat de es be dengan membayar sekian ribu, yah menurutku dibanding harga rumah, mobil n pesawat itu tentu duit yang dibayar itu gak ada apa2nya, tapi giliran kita minta dibayarin buat mendaftar mereka ogah2an. Lha kan klo kita jadi downline mereka otomatis mereka setingkat lebih dekat dengan bonus2 itu ta?

Kita kerja kan buat dibayar yah? ini kita disuruh kerja nawarin produk, masih disuruh bayar pula. Masak orang udah kerja malah mbayar?? Nek aku sih emoh biyanget, mana produknya kadang useless, gak jelas kualitasnya n cuma teruji dari “katanya” doang

Susah klo mau kaya pake jalur ini, kita ngeluarin duitnya banyak dapetnya produk, poin, pol mentok recehan. Mending kita bikin lemper trus dijual secara MLM, dah jelas itu kita jadi upline utama gak ada saingan lain wis, lempere laris, duite kinyis-kinyis.

Wis mbuh ah mbulet2 pokoke nek buat aku sih MLM ki BULLSHIT.
Kecuali ana sik gelem nantang aku njajal dadi downline MLM’e dekne dengan syarat:

1. Mbayari pendaptarane
2. Nggoleke downline go aku meneh
3. Nggoleke downline’e downlineanku
4. Gelem njajake nek entuk duit seko MLM’e
5. Mbayari biaya transport+mbullshiti downline

nek enggak tapi ngajak2 berarti mung arep ngapusi akuuuuuuuuu!!!!!!!


gambar didownline dari upline berikut ini
satu
dua
tiga


DMCA.com Protection Status

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda