Mulut ke mulut


Promosi door to door atau mulut ke mulut atau getok tular punya dampak yang lumayan buat usaha kecil, apalagi ditambah metode jemput bola secara langsung. Tentunya lebih tokcer.

Lagi sedikit mengamati saja, di depan kampung ada bimbel baru, klo dari segi lokasi, sana jauh lebih strategis, terletak di jalan utama yang rame, papan nama gede, bangunan baru, keliatan sip pokoknya. 

Toh klo aku lewat di depan sana, jarang sekali ada aktifitas, pun ada motor cuma terlihat satu dua saja, entah itu murid les dan tentornya atau motor pemilik bimbelnya.

Bimbelku ada di tengah kampung, papan nama kecil seadanya, agak sulit ditemukan, ruang belajar jadi satu dengan rumah, klo udah menjelang magrib selalu ribut sama tangisan anak kecil yang rewel, tapi tiap sore cukup banyak anak SMA yang meluangkan waktu belajar disini.

Soal biaya les, masih cukup terjangkau sih buat ukuran anak2 di daerah yang agak jauh dari perkotaan ini, dan klo honor tentornya, gak bisa bilang itu besar, tapi untuk ukuran bimbel2 yang selevel kayake masih sedikit lebih baik. Soalnya dulu pernah ngerasain ngajar di bimbel orang, udah jauh, capek tapi honornya gak seberapa, jadi sebisa mungkin sekarang ngasih ke temen2 tentor juga gak kecil2 amat, biar mereka juga betah ngebantu disini.

BACA JUGA:   Manajemen Pola Hidup di Bulan Ramadhan

Mungkin dari sisi fasilitas kami kalah tapi mungkin ada yang membuat anak2 menganggap kami masih lebih baik daripada yang lain. Pun, namanya usaha sendiri, ada pasang surutnya pula, tiap bulan/semester tentu pendapatan tidak bisa dipastikan begitu saja. Toh itu tetap saja nikmat yang harus disyukuri meskipun kadang juga merasa capek baru pulang dari sekolah/kampus sudah harus menghadapi anak2 les.

Life is too short to worry, right?


DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Satu tanggapan pada “Mulut ke mulut

  • Wansa Ramadhan

    (November 10, 2014 - 1:19 pm)

    Biasanya yg door to door ato promosi mulut ke mulut itu lebih awet mas, ga sekedar ikut2an tren doank.
    Biasane sih ngono jarene wong tuo. he he he

Berikan tanggapan anda