Museum Merapi, Tempat Wisata Sejuk di Jogja


Museum Merapi atau Museum Gunung Merapi merupakan salah satu tempat wisata sejuk di Jogja. Berlokasi di lereng gunung Merapi, museum ini merupakan museum pendidikan bagi para wisatawan yang berkunjung ke Jogja dan ingin mengenal lebih dekat dengan sosok gunung paling aktif di dunia ini.

seorang siswa sedang melihat informasi di museum gunung merapi

Museum Merapi berdiri di areal terpencil jauh dari hunian warga. Tempat ini dikarenakan tanah lokasi berdirinya Museum Gunung Merapi memang tidak diperuntukkan untuk rumah penduduk dalam tata ruang Kabupaten Sleman. Tempat tersebut hanya boleh untuk lokasi peternakan. Dan baru pada 2005 konsep pembuatan Museum ini dipersiapkan. Museum ini menghadap ke arah selatan, sehingga saat cuaca cerah, pengunjung bisa menatap Gunung Merapi yang berada di balik bangunan Museum Merapi

Tahun 2010, Museum Merapi resmi di buka. Di dalam museum ini terdapat berbagai informasi seputar gunung berapi. Saat pengunjung masuk, pengunjung langsung dapat melihat peta tiga dimensi Merapi di tengah Oval Room. 

Bicara Merapi bukan hanya soal potensi ancaman sebuah gunung berapi, berbicara Merapi berarti juga berbicara tentang potensi alam yang ada di sekitarnya, kehidupan masyarakat di lereng-lereng Merapi dan bagaimana mitigasi bencana di kawasan Merapi.

BACA JUGA:   Rumah Makan Shiva, Lojajar Sleman

Apa sih potensi merapi selain ancamannya?

sisa bencana wedus gembel museum merapi

Dimana cari tempat wisata sejuk di Jogja? Ya di lereng Merapi lah. Saat ini banyak bagian lereng merapi dijadikan kawasan wisata, selain kawasan yang ditetapkan sebagai Taman Nasional Gunung Merapi, ada objek wisata Kaliurang, Lava Tour Merapi, Museum Ullen Sentalu, Kalikuning, Kaliadem, agro industri dll.

Belum dengan potensi alam, dari kayu, pasir dan batu sisa muntahan merapi. Lereng gunung yang dingin juga cocok untuk budidaya agro industri maupun peternakan hewan. Di lereng Merapi inilah dikembangkan Kambing Ettawa yang terkenal kualitas susunya.

Balik ke Museum Gunung Merapi, berjalan lurus ke belakang ada berbagai informasi mengenai kegunungapian. Gunung-gunung aktif di Indonesia dan dunia, lalu ada juga informasi mengenai tipe letusan gunung-gunung berapi. Beberapa material batuan dari berbagai Gunung di Indonesia juga ada.

museum merapi tempat wisata sejuk di jogja

Berlanjut mengitari lantai 1, di bagian sesudah info gunung berapi kita bisa mendapatkan area karikatur dan lukisan. Di bagian ini informasi tentang Merapi, budaya masyarakat sekitar lereng Merapi, aktifitas masyarakat, mitos seputar Merapi dan poster tanggap bencana dalam bentuk karikatur. Selanjutnya kita bisa melihat berbagai benda asli hasil keganasan Merapi. Ada sisa-sisa benda milik masyarakat yang terkena dampak merapi, ada box, dan sepeda motor juga.

BACA JUGA:   Ketentuan Tugas Akhir Pembelajaran Berbasis Multimedia 13/14 kelas F PTI UNY

Naik ke lantai 2 ada teater berkapasitas 100 orang, teater ini memutar film mengenai Merapi berdurasi 24 menit. Film yang sama juga diputar di obyek wisata Ketep Pass Magelang. Di luar teater Museum Merapi ada Diorama letusan Merapi dari kurun waktu satu abad terakhir.

Okey, berapa sih harga tiketnya? Murah banget, cuma butuh modal 10 rebu buat main kesini. Rincian:

  • Parkir Motor : Rp. 2000
  • Tiket Masuk: Rp. 3000
  • Tiket Teater: Rp. 5000


DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda