Online Shop Beware: Mama minta pulsa


Klo kemaren2 iklan layanan maksiat mama minta pulsa sempet ngetrend n makan banyak korban, kali ini layanan iklan maksiat mulai mencari mangsa baru, mangsa baru tersebut biasanya adalah para buyer yang sering bertransaksi di Online Shopping termasuk Multiply.
Kenapa? seiring makin maraknya online shop di internet, komunikasi transaksi pembayaran sekarang lebih sering dilakukan via PM, YM ataupun sms, nah para penipu ini menggunakan fasilitas sms untuk mencari korbannya. 
Logika sederhananya adalah ketika seorang buyer ingin membeli barang di online shop dia akan menghubungi online shop untuk menanyakan harga, nego dan akhirnya mengkomunikasikan cara pembayaran. 
Isi smsnya simpel, misalnya sms yang masuk ke hpku
TOLONG UANGNYA KIRIM KE SINI AJA BANK BRI A/N ROMI SATRIA KLANA NO.REK 5328-01-002303-504 SMS SAJA KLO SUDAH TRANSFER
Pertama dapet sms itu aku mikir, sopo wong iki, transfer opo, transaksine opo? ternyata memang begitulah modus para penipu, mereka sengaja tidak menyebutkan nominal dan barang apa yang siap dikirimkan. Jadi buyer otomatis akan menganggap sms itu berasal dari nomer penjual online shop.
Modus ini kemungkinan akan banyak makan korban dan mencoreng online seller baik di MP maupun tempat lain, sehingga untuk menghindari adanya penipuan semacam ini ada baiknya para Online seller berbaik hati untuk 
  1. Memberikan informasi contactnya di bagian yang mudah dibaca pelanggan
  2. Hanya menggunakan nomor, email, id yang memang khusus untuk bertransaksi dengan pelanggan
  3. Mencantumkan peringatan pada pelanggan agar hanya berkomunikasi dengan nomor dan nama contact yang tercantum
  4. Dalam menginformasikan rekening pembayaran hendaknya selalu disertai dengan nominal + barang yang hendak dikirimkan ke pelanggan
  5. Mungkin temen2 ada yang mau nambahin poin – poin yang lain? monggo
Semoga kita terhindar dari penipuan via sms semacam ini lagi, n pihak berwajib bisa tegas menindak oknum2 tersebut


DMCA.com Protection Status

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda