Operasi Bibir Sumbing Gratis di RSKB DIY


Yayasan Dharmais, bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik Indonesia (PERAPI) dan RS Khusus Bedah (RSKB) menyelenggarakan operasi bibir sumbing gratis pada hari Sabtu dan Minggu, 23-24 April 2017. Acara yang diselenggarakan gratis ini diharapkan bisa membantu para penderita bibir sumbing agar dapat berkomunikasi dan tidak merasa malu dengan kekurangannya.

Terdapat 28 peserta operasi bibir sumbing dan operasi langit-langit mulut yang dilaksanakan di RSKB. Tidak hanya berasal dari Jogja saja, akan tetapi ada juga peserta yang berasal dari Kalimantan. Yayasan Dharmais dan PERAPI sendiri menyatakan cukup sulit untuk menemukan calon peserta operasi bibir sumbing gratis ini. 

IMG_20170423_101829 Operasi Bibir Sumbing Gratis di RSKB DIY  wallpaper

Acara yang dihadiri oleh Pembina Yayasan Dharmais Ibu Titiek Suharto dan Ketua Yayasan Bapak Indra Kartasasmita berlangsung sukses. Keluarga penderita bibir sumbing merasa sangat terbantu dengan adanya bantuan ini. Dan berharap bantuan semacam ini bisa diteruskan sampai tahap pemulihan selesai. Untuk operasi bibir sumbing sendiri, biasanya dilakukan dalam beberapa tahapan, tergantung kondisi penderita. Bapak Indra Kartasasmita menyatakan siap membantu putra-putri yang menderita bibir sumbing sampai sembuh total dengan bantuan dari Yayasan Dharmais.

Menurut dr. Rini dari PERAPI. Bibir sumbing dapat terjadi karena kekurangan gizi, kekurang pengetahuan ibu terhadap kondisi janin, serta faktor genetik. Hingga saat ini PERAPI dan Yayasan Dharmais telah melakukan operasi bibir sumbing dan langit-langit mulut ini sebanyak 7655 orang sejak tahun 1997.

BACA JUGA:   Rencanakan Liburan dengan Paket Wisata

IMG_20170423_105425 Operasi Bibir Sumbing Gratis di RSKB DIY  wallpaper


Di hari yang sama, berlokasi di RS Holistik Maguwo. Yayasan Dharmais bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) serta Mapala UAD menyelenggarakan operasi katarak. Operasi yang dimulai sejak tahun 1986 telah mengoperasi sekitar 150 ribu pasien katarak di seluruh Indonesia. Semua biaya ditanggung oleh Yayasan Dharmais.

A post shared by priyo harjiyono (@eastorion) on

Untuk rekan-rekan yang memiliki saudara/ tetangga penderita bibir sumbing dan katarak. Dipersilahkan untuk mengajukan diri mendaftar sebagai peserta operasi bibir sumbing/katarak gratis. Operasi ini nantinya akan dilaksanakan di berbagai kota di Indonesia 3-4 kali dalam setahun.

Pendaftaran bisa dilakukan dengan menghubungi Yayasan Dharmais, Gedung Granadi lantai 5. Jl HR Rasuna Said Kav 8-9, Kuningan, Jakarta Selatan. Atau di nomor telepon 021-2522745/ fax 021-2521625. Untuk pengguna internet dapat menghubungi via website di http://www.yayasandharmais.or.id atau lewat RS Bedah di seluruh Indonesia.


Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda