Orion in the Middle Night


Semalem waktu abis sahur, dan gw buang sampah ke belakang rumah entah kenapa gw ngerasa silau sama dua bintang sejajar disebelah timur, gw pikir kedua bintang itu adalah 2 bintang yang jadi bagian kaki centaurus, Alpha Centauri dan Hadar, cuma yang bikin aku heran posisi mereka ada di timur.



Dan aku gak melihat ada crux di sebelah dua bintang itu, sebagai gantinya aku lihat tiga bintang berjejer, ya itulah Mintaka, Alnilam dan Alnitak, 3 bintang yang dikenal sebagai sabuk orion, satu dari 2 bintang yang aku lihat itu ternyata adalah Jupiter, pantes keliatan gede banget dan terangnya minta ampun.


Hwo sungguh sesuatu banget secara aku jarang bisa ngeliat orion secara langsung, lengkap dengan salah satu bintang terbesar di jagat raya, Betelgeuse, karena biasanya tiap jam sembilan malam gw cuma bisa ngeliat rasi semacam crux, centaurus, ophiucus, sagitarius, libra dan scorpion, sementara orion berada jauh dari geng rasi bintang itu.

Sabuk Orion, sering disebut2 sebagai bintang 3 raja, dan diperlambangkan oleh orang mesir kuno dengan 3 piramida di Giza, konon pintu makam fir’aun menghadap ke arah rasi ini. Dan mitos ini kemudian diangkat dalam film transformer yang kedua, revenge of the fallen untuk menandai kuburan para primes. Sabuk orion ini pula yang konon disebut sebagai perlambang 3 raja dalam kelahiran isa almasih, mengenai benar enggaknya aku sendiri gak begitu ngerti hanya sekelebat cerita2 aja.

Whatever it, rasi ini kemudian aku pakai sebagai nickname untuk website dan akun2 dunia mayaku, karena menurut aku, rasi ini adalah rasi yang indah dan banyak dijadikan patokan masyarakat kuno sebagai penanda musim, orang jawa menggunakannya sebagai tanda dimulainya musim bercocok tanam.

Tapi lebih dari itu, aku melihat orion cenderung aman dari filsafat2 zodiak, ya, diantara rasi2 bintang indah lainnya hanya orion yang luput dimasukan dalam 12 rasi bintang yang digunakan untuk meramal nasib. Sebuah kebetulan atau keuntungan? entahlah, tanyalah pada kaum gipsi kenapa mereka tidak menggunakan orion dalam 12 rasi bintang atau setidaknya menjadikan orion rasi ke 13 sebelum mereka mendapuk ophiucus sebagai rasi ke 13nya 😀

I’m his admirer, I want to be like him, be an another orion

gambar milik kafeastronomi yang aku resize karena kebesaren


DMCA.com Protection Status

rasi bintang 3 raja (2), bintang 3 raja dalam transformers 3 (1), galaxy bintang lib (1), rasi bintang centaurus (1), rasi bintang sagitarius (1), rasi centaurus (1), tiga raja orion (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

1 thought on “Orion in the Middle Night

Berikan tanggapan anda