Pameran Potensi Daerah Dan Gelar Budaya Kab Sleman


Untuk merayakan hari jadi Kabupaten Sleman ke 98, Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman menyelenggarakan Pameran Potensi Daerah dan Gelar Budaya untuk ke sekian kalinya mulai hari Jum’at tanggal 25 April 2015 – 3 Mei 2015 bertempat di Sebelah Barat Alun-alun Denggung.

Pameran ini diadakan untuk menampilkan potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Sleman, baik berupa instansi daerah, perusahaan lokal, UKM, masyarakat dan sekolah-sekolah yang berada di Kabupaten Sleman. Total ada 240 Stand yang meramaikan pameran untuk menyongsong upacara hari jadi Sleman ini.

permainan mancing ikan anotherorionUntuk pameran ini, setting tempatnya menggunakan beberapa area terpisah. Di sebelah selatan Alun-alun denggung yang merupakan taman Wisata Gajah, pengunjung yang memiliki anak kecil bisa mengajak putra-putrinya bermain aneka permainan anak-anak.

Ada penyewaan mobil-mobilan, sepeda motor mainan, kereta api, helikopter putar, mancing mania dan lain-lain, harga yang ditawarkan cukup murah, setiap permainan hanya dikenakan biaya Rp. 5.000 untuk sekali main, tidak punya waktu terikat kecuali untuk peminjaman mobil dan sepeda mainan yang menggunakan aki baterai dibatasi per 2 kali putaran. Oh ya, permainan di taman ini beroperasi setiap hari kok meski tidak ada event pameran apapun.

BACA JUGA:   Klaim Malaysia sekali lagi

Di bagian tengah alun-alun diisi oleh stand pasar malam, lengkap dengan permainan-permainan yang lebih besar dan menantang dari permainan di area Taman Wisata Gajah. Sementara di sebelah barat alun-alun memanjang ke utara diisi oleh stand kecamatan. Setiap kecamatan menampilkan potensi daerah yang bisa diangkat disini, ada yang menjual furniture, aneka tanaman hias, baju batik, kerajinan tangan dan lain-lain.

Sementara di sebelah utaranya berdiri panggung megah untuk menampilkan aneka atraksi budaya daerah yang dimiliki Kabupaten Sleman, setiap harinya anak-anak berbagai TK dan SD unjuk kebolehan untuk mengisi acara di panggung ini. Beberapa kelompok seniman juga dijadwalkan untuk melakukan pementasan setiap harinya.

Dtari kontemporer tradisional Pameran potensi budaya slemani timur panggung banyak stand dari UKM maupun perusahaan lokal didirikan disini, sementara di belakang panggung sebelah barat di isi oleh stand sekolah yang ada di daerah Sleman. Dan jangan heran, sekolah-sekolah di Sleman ternyata punya stand yang tidak kalah menarik dengan stand di area lain lho.

Beberapa stand sekolah menawarkan kerajinan tangan seperti ukiran kayu, tatakan gelas, asbak, tas eceng gondok, sandal spa. Sementara SMK yang memiliki jurusan kuliner/pertanian menyediakan berbagai produk olahan pangan, baik yang berupa makanan siap saji maupun makanan kemasan.

BACA JUGA:   Latahnya budaya marah ala masterchef Indonesia

Pameran potensi daerah ini merupakan agenda tahunan yang cukup menarik minat wisatawan lokal terutama dari wilayah Sleman sendiri maupun wilayah-wilayah tetangganya. Karena lokasinya yang berada di jalan Magelang akhirnya menjadi daya tarik wisatawan yang melewati jalur Yogyakarta-Semarang.

Semoga tahun depan, sekolahku bisa ikut mendirikan stand disini dan bisa menampilkan potensi-potensi yang kami miliki. Selamat hari jadi Sleman yang ke 98.




DMCA.com Protection Status

pameran alun alun denggung (1), pameran budaya di alun (1), pameran potensi ukm di denggung sleman (1)

Post You May Also Like

Tentang anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.
Tulisan ini dipublikasikan di Indonesiaku dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *