Pasta gigi Procesor


Thermal Paste, thermal grease atau thermal compound adalah sebutan untuk pasta yang digunakan untuk menjembatani pelepasan kalor dari processor ke heatsink. Meskipun heatsink sudah didesain sedemikian rupa agar bisa menyatu dengan permukaan processor ketika dipasangkan, tetap saja, yang namanya teknologi meskipun dari mata telanjang sudah terlihat maktrap tetapi tetap memiliki lubang2 tak kasat mata yang mengurangi sentuhan penampang heatsink dengan permukaan processor, sehingga panas yang ditransfer menjadi kurang maksimal.

Thermal pasta digunakan karena sifatnya yang mampu mengisi lubang2 antar processor dengan heatsink, sehingga dapat menjembatani pemindahan panas dengan lebih baik daripada tidak menggunakan pasta sama sekali. Thermal pasta sendiri memiliki kelasnya masing2, dari yang berharga murah sekitar 15-20ribuan sampai berharga diatas seratus ribuan. Semakin mahal harga thermal pasta tentu saja diimbangi dengna kualitas pentransferan panas yang lebih baik.

Untuk solusi termurah, pasta gigi a.k.a odol dapat digunakan untuk pengganti thermal paste, karena memiliki sifat yang kurang lebih sama dan cukup tahan terhadap panas. Selama beberapa tahun memakai PC saya juga selalu menggunakan pasta gigi untuk merekatkan processor dengan heatsink agar tidak terlalu panas. Meskipun begitu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menjadikan pasta gigi sebagai thermal paste pada processor.

BACA JUGA:   Indosat Ooredoo Tawarkan Kartu Internet Unlimited

Pertama, pastikan bagian penampang processor terselimuti pasta gigi secara merata, tidak terlalu tebal (karena malah menghambat pelepasan panas) dan tidak terlalu sedikit (menimbulkan berkurangnya penampang yang terkoneksi antar processor dan heatsink), kedua, pastikan pengunci heatsink dengan processor benar2 kencang.

Apakah pasta gigi aman untuk menggantikan thermal paste pada processor? sepengalaman saya pake PC selama kurang lebih 8 tahun gak ada keluhan sih, tp tetep harus perawatan berapa bulan sekali di re-pasta ulang pake odol lagi biar heat transfernya tetep bagus.




DMCA.com Protection Status

amankah pasta gigi untuk processor 2016 (1), batik yang mudah digambar dengan pasta (1), pasta gigi yg digunakan pada processor (1), pasta procesor menggunakan pasta gigi (1), thermal loc:ID (1)

Post You May Also Like

Tentang anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.
Tulisan ini dipublikasikan di komputek dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *