Pelatihan Ms Excel di Umbul Permai


Jadi ceritanya, hari kamis kemaren aku dan temenku dapat tawaran buat mengisi pelatihan yang diadakan salah satu instansi di Sleman untuk para tenaga teknis pengolah data sekolah. Materi yang disampaikan adalah tentang Ms. Excel.

Sebenernya untuk urusan Miss Excel ini aku enggak terlalu pinter, bahkan bisa dibilang plonga plongo, lha dulu jaman dapet ekstra wajib komputer aku selalu harus mengulang ujian, pun setelah aku ikut les komputer di luar hasilnya sama saja, nol gede. Eh malah sekarang dapet tawaran melatih orang2 yang sudah terbiasa dengan aplikasinya. Sepertinya hidayah perkomputeran emang belum menghampiriku.

Nah, pelatihan itu diadakan hari ini di warung makan Umbul Martani, Lojajar, cukup deket dengan sekolahku, tadinya sempat terjadi kesalahpahaman mengenai durasi jam pelatihan, aku dan temenku mengira hanya akan sampai setengah hari, jadi sekitar jam lepas dhuhur aku bisa balik sekolah buat ngampu pelajaran, ya kasian sama anak2 juga, soalnya minggu kemaren aku tinggal juga buat ikut lomba final media pembelajaran di Benteng Vredeburg. Sementara karena peminatnya banyak, sampai dua kali lipat dari rencana sebelumnya, maka dari pihak panitia mengalokasikan pelatihan selama dua sesi yaitu pagi dan siang, jadi terpaksa deh hari ini bolos lagi.

BACA JUGA:   Media Pembelajaran Sistem Bilangan

Excel-iconUntuk materi pelatihan masih seputar dasar2 Ms. excel terutama beberapa formula yang sering dibutuhkan dalam pengolahan data di sekolah, seperti perankingan otomatis, penghitungan masa kerja, pemisahan dan penggabungan antar cell, dan lain2. Dari 11 sheet yang aku persiapkan, hanya 5-6 sheet yang berhasil dibahas bersama2, dan kebetulan aku sudah mempersiapkan file hasil jadi dari setiap sheet yang ada, jadi agar para peserta tidak terlalu kecewa dan bisa mempelajari sendiri sheet yang belum sempat dibahas, panitia mempersilahkan para peserta yang ingin mendownload file hasil tersebut mulai besok pagi di blog instansi tersebut.

Buatku ini pengalaman kedua jadi narasumber di workshop luar sekolah, moga besok2 masih berkesempatan menjadi narasumber workshop2 yang berkaitan dengan dunia TIK lagi.



DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda