Peluang


Bagi sebagian orang, permasalahan adalah sesuatu yang selalu mengganggu kehidupan, sementara bagi segelintir orang lainnya, permasalahan dianggap sebagai sebuah peluang. Sebuah masalah akan menjadi berbeda jika ditinjau dari cara pandang yang berbeda. Kurikulum 2013 adalah salah satunya, implementasi kurikulum 2013 adalah masalah dengan terlalu rumitnya sistem penilaian, pengiriman buku yang telat, buku2 yang tidak ada referensinya dan masih seabreg masalah lainnya.

Maka disinilah peluang peluang baru muncul, pembuatan aplikasi raport kurikulum 2013 misalnya, pelatihan & pendampingan guru2, pembuatan LKS, bahan ajar dan lain sebagainya. 

Jujur saja, masih banyak yang susah buat move on ke kurikulum baru, aku sendiri lebih enjoy dengan KTSP dan menilai K13 terlalu ribet penerapannya, tetapi di sisi lain aku juga menganggap ini sebuah peluang baru untuk blogku ini. Kebutuhan siswa dan guru akan referensi materi dan bahan ajar kurtilas ini yang kemudian aku kejar.

Dengan menggunakan bantuan silabus dan KI/KD kurikulum 2013 aku mulai menyusun artikel yang memuat materi2 baru dalam kurikulum ini, terutama untuk jurusanku sendiri yaitu SMK TKJ, karena di kurtilas TKJ banyak mengambil materi dari elektronika, terutama elektronika digital, maka disinilah peluangku sebagai sarjana pendidikan teknik elektronika bergerak.

Aku memang sengaja melakukannya di blog, di internet, dimana visibilitas dan keterbacaan artikelku lebih mudah ditemukan oleh orang2 yang membutuhkan, dibanding menuliskannya dalam bentuk RPP yang mungkin tidak akan pernah dibaca serius oleh pengawas, lebih menyenangkan jika menuliskannya di blog sendiri.

Bad news is a good news

begitulah cara berpikir media informasi, berita buruk, isu, gonjang ganjing dan kegelisahan adalah sumber pemberitaan yang baik, karena orang yang gamang akan cenderung mencari lebih dalam mengenai informasi tersebut. Bagaimana mengubah sebuah permasalahan menjadi sebuah kue peluang untuk kita nikmati.

BACA JUGA:   compieku mati pet salah power supply bukan sih???

Oh jadi aku bersenang-senang di atas penderitaan guru & siswa yang kesulitan dengan implementasi K13, tidak, tapi disini, peluangku adalah menyajikan informasi2 yang relevan yang belum banyak dimiliki oleh guru dan siswa terkait mata pelajaran yang “berbeda mahzab” dengan yang selalu mereka pelajari saat ini. Secara direct finansial impact nya tidak ada, tetapi secara indirect, dengan semakin banyaknya artikel seputar kurikulum 2013 di blog ini, maka semakin banyak google mereferensikan blogku dalam setiap pencarian di search enginenya.

Karena blog ini memang aku monetize, maka tentu saja, terjadi peningkatan jumlah kunjungan & transaksi klik iklan adsense, yang membuat pundi amal adsense ku bertambah. Apakah ini disebut simbiosis parasitisme? oh tentu saja tidak. Disini aku tidak berusaha menjebak pengunjung dengan menggunakan fasilitas autopage berdasarkan search term, semua konten yang ada disini bersifat natural dan ditulis secara manual. Pengunjung yang masuk ke blogku mendapatkan keuntungan informasi yang mereka cari dan aku mendapatkan peningkatan jumlah visitor, page views, yang aku butuhkan untuk mendapatkan page authority, domain authority, pagerank dan konten iklan yang lebih baik lagi.

Selain seputar K13, aku juga membuat beberapa artikel lain seputar pemrograman mikrokontroler avr atmega yang kebetulan aku ajarkan selama menjadi asisten dosen di kampus. Materi tersebut aku buatkan juga index nya di page belajar codevision agar para pemula yang belajar avr menggunakan codevision bisa menerapkan step by step pemrograman mikrokontroler.

Content is the king

Dalam konsep SEO dengan membuat artikel2 yang banyak dan saling berkaitan akan membuat pengunjung betah berlama2 di blog ini, mengurangi bounce rate dan meningkatkan visibilitas di search engine.

BACA JUGA:   Creatify

Riset keyword tidak selalu menggunakan fasilitas goole adword, untuk mendapatkan ide artikel apa yang harus aku tulis, maka aku menyempatkan diri bergabung dengan beberapa grup yang sesuai dengan main konten dalam blog ini, yaitu seputar guru, tkj dan mikrokontroler. Dari interaksi disana aku bisa memantau konten2 apa saja yang sebenarnya dibutuhkan oleh para siswa dan guru, kebutuhan informasi apa saja yang mereka cari dan informasi apa yang most wanted dari hari ke hari.

Berangkat dari sana, maka ide2 tersebut bermunculan, posting masalah dalam setiap grup tersebut adalah sebuah peluang yang bisa kita konversikan menjadi sebuah artikel yang ramah SEO, mudah ditemukan dan memberikan informasi aktual pada pembaca. Pro kontra pengembalian KTSP di semester genap awal tahun 2015, tunjangan UMR honorer, aplikasi raport kurtilas, adalah permasalahan yang happening saat ini, sementara masalah seputar troubleshooting komputer, pembuatan hardware sistem minimal mikrokontroler adalah sesuatu yang selalu akan ditanyakan sampai beberapa tahun lagi.

Maka membuat artikel dengan kelompok keyword yang happening bagus untuk mendapatkan peningkatan visibilitas dalam kurun waktu pendek karena sifatnya yang lagi booming, sedangkan membuat artikel kelompok keyword kedua cocok untuk membangun reputasi blog dalam jangka panjang.

Jadi disinilah peluang & keuntunganku sebagai guru blogger, guru yang ngeblog, mengembangkan kemampuan membaca situasi, melakukan riset keyword, membuat artikel bermutu, menerapkan prinsip2 SEO sekaligus terus menerus belajar meningkatkan kemampuan akademis maupun kemampuan lain yang mendukung.



DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda