Pembangunan Sektor Pertanian di Indonesia


Seperti yang kita tahu, dilihat dari kondisi geografis Indonesia memiliki ribuan pulau baik yang berukuran besar maupun kecil dan dengan wilayah daratan dan lautan yang sangat luas. Dengan kondisi wilayah seperti itu tentunya terdapat kandungan sumber kekayaan alam yang melimpah dan juga beraneka ragam serta tersebar di seluruh wilayah Nusantara.

Sumber kekayaan alam yang notabene lebih banyak ada pada bagian daratan membuat masyarakat Indonesia memiliki mata pencaharian utama sebagai petani dan sudah barang tentu hal ini menjadikan sektor pertanian sebagai sektor yang penting bagi perekonomian Indonesia. Apalagi dengan berkembangnya teknologi, ekonomi negara juga harus diperkuat dengan adanya sektor pertanian.

PBB dewasa ini memberikan pernyataan bahwa setengah dari masyarakat Indonesia adalah masyarakat miskin dengan penghasilan setiap harinya kurang dari US$ 2. Menurut Kwik Kian Gie, hal ini disebabkan karena adanya kekeliruan dalam pembangunan negara Indonesia.

Kekeliruan tersebut terjadi pada pengelolaan sektor yang hingga saat ini belum bisa memberikan kemakmuran untuk masyarakat Indonesia, salah satunya terjadi pada pengelolaan sumber daya pertanian yang belum difungsikan dengan optimal untuk kesejahteraan rakyat Indonesia. Selain itu juga pada sumber daya hutan dan kelautan yang lebih banyak diserap dan diambil oleh masyarakat mancanegara.

BACA JUGA:   Salah Pilih Presiden?

Pertumbuhan penduduk di Indonesia yang semakin lama semakin besar dan terus meningkat hingga diperkirakan mencapai 240 Juta orang juga menjadi poin yang sangat mempengaruhi ketersediaan pangan serta menjadi masalah di dalam memenuhi kebutuhan penduduk Indonesia.


Masalah lain yang muncul adalah kepemilikan aset para petani yang semakin sedikit dan keberadaan sawah sebagai sumber penghasilan petani yang semakin berkurang karena adanya kepentingan pembangunan yang terus meningkat. Jika hal ini tidak segera diselesaikan dengan kebijakan yang tepat maka akan menjadi maslaah pembangunan pada sektor pertanian.

Dilihat dari masalah tersebut bisa kita simpulkan bahwa sektor pertanian ini adalah tiang utama dalam membangun ekonomi Indonesia, karena hampir pada seluruh kegiatan ekonomi di Indonesia berpusat pada sektor tersebut. Jika kita ingin mencapai keberhasilan pada peningkatan pembangunan sektor pertanian di Indonesia maka diperlukan adanya kerjasama antar berbagai kalangan yang memiliki andil atau erkecimpung langsung pada bidang pertanian.

Baik itu dari pelaku pertanian misalnya petani, pemerintah, dan yang lainnya maupun pada pihak swasta yaitu kalangan industri. Dengan demikian diharapkan bisa menyelesaikan masalah yang terdapat pada sektor pertanian yang dihadapi sehingga dapat meningkatkan ekonomi di Indonesia.

BACA JUGA:   Debu Vulkanik

 


DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda