Pembukaan Olimpiade Rio 2016 Yang Spektakuler Berhasil Menarik Perhatian Dunia


Olimpiade Rio 2016 Okezone secara resmi telah dibuka pada Sabtu, 05 Agustus 2016. Pada acara pembukaan tersebut penonton disuguhi dengan pertunjukan yang sangat menarik dan tentunya sarat dengan edukasi. Pada pertunjukan koreografi yang ditampilkan, dapat dengan jelas menggambarkan tentang sejarah Negara Brasil. Mulai dari hutan Amazon, kemudian muncul para pendatang dari Asia, Afrika, Eropa, Arab hingga Jepang. Pendatang dari Jepang dianggap menjadi pendatang paling banyak di Brazil.

Upacara pembukaan olimpiade musim panas 2016 ini diadakan di stadion Maracana, Brazil. Pembukaan menggabungkan upacara pembukaan resmi acara olahraga internasional (pidato, sambutan, pengibaran bendera, dan parade atlet) dengan acara pertunjukan kolosal yang artistik dimana disana ditampilkan kebudayaan negara tuan rumah. Sekitar 78.000 orang memenuhi stadion Maracana untuk menyaksikan upacara pembukaan olimpiade Rio tahun 2016.

Untuk pengarah kreatif pada acara megah ini dipercayakan pada Fernando Meireles, Daniela Thomas, dan Andrucha Waddington. Selain itu ada juga koreografer Deborah Colker yang menyiapkan peran untuk sekitar 6.000 sukarelawan yang ingin menari dan berdansa pada upacara pembukaan olimpiade rio 2016 ini. Sukarelawan tersebut sudah dilatih sejak akhir Mei 2016 yang lalu.

Walaupun banyak orang berpikiran acara ini menelan banyak biaya, ternyata anggaran yang digunakan lebih rendah daripada olimpiade sebelumnya pada tahun 2012. Konsep yang digunakan pada acara pembukaan ini menonjolkan orisinalitas bukan kemewahan dan juga diimbangi dengan kreativitas, ritme, dan emosi. Jadi tidak digunakan teknologi tinggi, seperti penggunaan panggung yang berjalan dan drone.
Rangkaian acara olimpiade Rio yang dilaksanakan mulai dari tanggal 5 Agustus 2016 yang lalu hingga 21 Agustus 2016. Sekitar 11.000 atlet dari 206 Komite Olimpiade Nasional (KON) termasuk juga di dalamnya dari Kosovo dan Sudan Selatan yang mengikuti olimpiade ini untuk pertama kalinya. Mereka akan memperebutkan 306 keping medali dengan mempertandingkan 28 cabang olahraga olimpiade.


BACA JUGA:   Produk Kerajinan Tangan Terbaik

Ajang olahraga tersebut akan dilangsungkan di 33 gelanggang olahraga di kota tuan rumah dan di 5 gelanggang olahraga di kota Sao Paulo, Belo Horizonte Salvador, Brasilia (ibu kota Negara). Kota Rio de Janeiro telah dipilih sebagai tuan rumah oleh KOI pada sidang umum ke 121 yang telah diadakan di Kopenhagen, Denmark pada tanggal 02 Oktober 2009. Selain kota Rio, ada juga kota lain yang dijadikan kandidat sebagai tuan rumah di antaranya Madrid : Spanyol, Chicago : Amerika Serikat, Tokyo : Jepang. Kota Rio menjadi kota pertama di Amerika Selatan yang menjadi tuan rumah olimpiade musim panas.

Kostum Nasional Pada Pembukaan Olimpiade Rio

Seperti yang sudah disebutkan di atas, pembukaan olimpiade Rio tahun 2016 ini dimeriahkan dengan peforma musik dan tari yang spektakuler, tidak hanya itu saja. Para atlet dari 200-an Negara juga melakukan defile, tidak terkecuali dari Negara kita sendiri, Indonesia.
Nah, kehadiran atlet-atlet tanah air tersebut tentunya sangat ditunggu oleh masyarakat Indonesia. Terlebih banyak juga yang mengkritik pada seragam yang dibawakan kontingen asal Indonesia untuk defile saat pembukaan. Tampil dengan desain seperti jas, busana dengan nuansa warna merah-putih dengan motif burung garuda tersebut dianggap sebagian masyarakat Indonesia sedikit terlalu ramai dan kurang fashionable.

BACA JUGA:   Langkah Sederhana Agar Kompor Gas Tetap Awet

kostum nasional olimpiade rio de janeiro brazil

Walaupun mendapat kritik di Negara sendiri, ternyata defile kontingen dari Indonesia cukup dipuji warga dunia. Di sosial media twitter, rombongan defile yang terdiri dari tujuh atlet dan beberapa orang berkostum daerah itu banyak mendapatkan komentar positif dari netizen dunia.

Demikian informasi mengenai pembukaan Olimpiade Rio 2016 Okezone. Semoga dapat menambah semangat untuk mendukung para atlet-atlet kita yang sedang berjuang di kancah internasional.


DMCA.com Protection Status

olahraga rio 2016 pdf (1), pertunjukan yang patut untuk ditampilkan yang menarik (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda