Penerimaan Mahasiswa Baru, UI Buka Melalui 3 Jalur


Universitas Indonesia (UI) yang dikenal sebagai sebagian yang merupakan Universitas Perguruan Tinggi Negeri. PTN ini juga dikenal salah satu Universitas terbaik di Indonesia. Berdasarkan berbagai survei Universitas, bila diamati UI selalu masuk 6 besar Universitas secara keseluruhan baik Negeri maupun Swasta.

Betapa tidak banyak yang berminat menempuh kesini, yah karena UI memang masih diakui Universitas Terbaik Indonesia dan juga masih menjadi favorit berbagai masyarakat. Tidak hanya calon mahasiswa baru lulus sekolah menengah atas atau sederajat, juga yang ingin melanjutkan ke jenjangan yang lebih tinggi lagi yaitu strata 2.

Untuk Anda menginginkan masuk ke UI, tentu ada hal yang perlu diperhatikan, yaitu penerimaannya. Penerimaan mahasiswa baru UI (MABA) untuk program Sarjana, ada 3 tahapan yang berupa tiga jalur yaitu:

penerimaan mahasiswa baru ui

  1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN),
  2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan
  3. Seleksi Masuk UI (SIMAK UI).

Di tahun 2017 UI tidak menerima melalui jalur Ujian Mandiri.

Berdasarkan hasil yang kami kutip dari majalah online ANTARANEWS, yaitu dari pejabat Universitas Indonesia (UI) Rifelly Dewi Astuti, selaku Kepala Humas serta Keterbukaan Informasu Publik. Minggu (2/4/2017).

Yang kami kutip untuk Anda yang masih duduk di SMA/Sederjat adalah bahwa ada perbedaan dari tahun sebelumnya. Khusus Program S1 Reguler bisa siswa-siswi tempuh melalui SNMPTN, SBMPTN serta SIMAK UI. Hal ini berbeda dengan S1 Paralel. Nah, maka dari itu di 2017, peraturan yang berlaku adalah bangku S1 Reguler hanya bisa ditempuh dengan cara seleksi masuk SNMPTN dan juga SBMPTN.

Sedangkan program S1 Paralel, ataupun S1 Kelas Internasional dan juga Program Vokasi (Diploma 3), maka hanya bisa ditempuh dengan cara SIMAK UI.

Sampai disini, mudah-mudah sudah mengetahui yah teman-teman.

Untuk mengetahui apa itu S1 reguler dan S1 Paralel, apakah ada perbedaan yang mencolok? Yups, berikut ini penjelasannya.

S1 Reguler

BACA JUGA:   Memilih Headset UNBK

S1 Reguler merupakan program pendidikan, dimana jenjang sarjana yang bisa menerima lulusan dari Sekolah seperti SMA/SMK/MA atau sederajat. Dengan batasan usia yang diwajibkan adalah ijasah maksimal 3 tahun dari kelulusan disaat melakukan pendaftaran. Contohnya, pendaftaran 2016. Maka lulusannya di tahun 2016, 2015, 2014. Mudah bukan memahaminya.


S1 Paralel

Berbeda halnya dengan S1 reguler yang terbuka untuk sekolah dengan lulusan SMA/SMK/MA/sederajat yang hanya ada syarat tertentunya. Nah, perbedaan S1 paralel ini menerima lulusan SMA/sederajat tanpa mensyaratkan adanya batasan usia ijasah atau tahun kelulusan bagi calon mahasiswa. Nah, ini yang dinamakan SIMAK UI, yaitu Seleksi Masuk UI. Sementara jalur ini masih menggunakan ujian tulis.

Beliau juga menambahi bahwa program untuk S1 Paralel tidak semua universitas membuka jalur ini.

Ia juga menjelaskan UI memiliki 62 program studi untuk program S1 Reguler. Sedangkan S1 Paralel memiliki 31 program studi dan S1 Kelas Internasional memiliki 15 program studi. Selain itu pula, untuk para siswa/i dalam lulusan SMA/Sederajat pun bisa memilih program Vokasi (Diploma) pada seleksi masuk SIMAK UI. Program Vokasi memiliki 11 pilihan program studi.

Di 2017 UI, sudah menyediakan kuota penerimaan Mahasiswa baru UI sebesar 30 persen atau sebanyak 1.478 bangku untuk program S1 Reguler. Hal ini berlaku bagi mahasiswa yang telah dinyatakan lulus melalui SNMPTN 2017.

Selanjutnya, Felly juga mengungkapkan ke ANTARANEWS, jalur SBMPTN 2017 disediakan kuota sebesar 70 persen atau penampung sebanyak 3.382 bangku.

Pendaftaran dan penerimaan SNMPTN UI

Penerimaan mahasiswa baru UI yang pertama kali dilakukan adalah SNMPTN dimana calon mahasiswa bisa pendaftaran pada tanggal penerimaan. Para siswa SMA/Sederajat bisa melakukan pendaftaran serta memilih program studi/jurusan apa yang diminati melalui laman resmi UI SNMPTN >> http://www.snmptn.ac.id.

Di dua seleksi masuk lainnya, SBMPTN dan juga SIMAK UI dibuka pada bulan April.

Di tahun 2017, jalur SNMPTN Pendaftaran (21 Februari – 6 Maret 2017); dan Pengumumannya (26 April 2017). Silakan cek pengumuman SNMPTN  << disini.

Sedangkan, jalur SBMPTN Pendaftaran mulai di 11 April sampai 5 Mei 2017. Sementara Ujiannya (16 Mei 2017).  Pengumuman hasilnya dilakukan 13 Juni 2017.

Jalur S1 paralel: jalur SIMAK UI pendaftaran (10 April – 8 Mei 2017). Sedangkan Ujiannya diselenggarakan (21 Mei 2017). Pengumumannya berlangsung (21 Juni 2017). Biasanya bulan tersebut tidak berubah dari tahun ke tahun. Jadi, untuk Anda yang ingin mencoba di tahun berikutnya, catatan bulan tersebut.


Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda