Pengertian Multiplexer, demultiplexer, decoder dan encoder


Pada silabus sistem komputer TKJ kurikulum 2013 untuk kelas X ada materi tentang multiplexer dan decoder, sebelum kita membahas pengertian dua materi tersebut, sebaiknya kita mengingat kembali bahwa manusia terbiasa menggunakan basis bilangan sepuluh (decima) yang sering kita sebut bilangan desimal, sedangkan komputer hanya mengerti bilangan digital yaitu biner, oktal dan hexadesimal.

Karena perbedaan antara manusia dan mesin inilah maka muncul perangkat2 / IC yang bertindak sebagai penerjemah dari bahasa manusia dengan bahasa yang dipahami mesin dan begitu juga sebaliknya.

Multiplexer (MUX) adalah mekanisme melewatkan beberapa jalur input data lewat sebuah jalur output, untuk membedakan input


mana yang dikirimkan maka multiplexer juga memiliki bit select yang berfungsi memberikan informasi pada penerima data tersebut berasal dari jalur/chanel yang benar. Sebuah rangkaian / IC yang mampu menseleksi beberapa input untuk dikirimkan lewat 1 jalur output dengan bantuan select bit. Tujuan utama multiplexing adalah menghemat jalur pengiriman yang biasanya memiliki jarak yang cukup jauh misalnya line telepon.

BACA JUGA:   Cara Mengatasi Shortcut Virus Ramnit Tanpa Safe Mode

Dalam dunia elektronik, multiplexer mengijinkan beberapa sinyal analog dilewatkan dalam 1 interface ADC (analog to digital converter). Bentuk multiplexer dibagi 2 yaitu TDM (time division multiplexing) dan FDM (frequency division multiplexing), dalam komunikasi suara telepon analog, suara pelanggan yang satu dengan yang lain dilewatkan melalui frequensi berbeda selebar 4KHz. Prinsip ini kemudian diadopsi dalam komunikasi digital lewat modem ADSL (Asynchronus Digital Subscriber Line) TDM memberikan jatah layanan pada pelanggan setiap 250 mikrodetik untuk dilewatkan pada jaringan.

Disisi penerima dipasanglah alat yang bernama demultiplexer (DEMUX) Tugas demultiplexer adalah mengubah input dari 1 channel menjadi beberapa jalur sesuai dengan informasi selection bit yang dikirimkan untuk kemudian diteruskan kepada jalur2 yang dituju.


analog to digital converterEncoder adalah proses mengubah input berbasis 10 (desimal) menjadi data digital berbasis binary, pada saat kita menekan angka 9 pada sebuah tuts/tombol (selain keyboard & keypad karena keduanya menggunakan mekanisme matriks keyboard) maka rangkaian akan meneruskan kepada processor data biner dari angka 9 yaitu 1001. Data 1001 tersebut diterima dan bisa dibaca oleh processor.

BACA JUGA:   Tips berburu calon pengguna jasa di internet

Decoder adalah lawan dari encoder, fungsinya mengubah input binary menjadi output desimal, setelah processor menerima data binary, maka data tersebut diteruskan ke dalam display yang berupa monitor, LCD maupun seven segment dan membentuk tulisan desimal yang mudah dibaca oleh manusia.

Lalu bagaimana dengan modem?

Modem adalah singkatan dari modulator – demodulator, Modulasi artinya mengubah sinyal digital untuk ditransmisikan kedalam sinyal analog, demodulasi artinya mengubah sinyal analog yang masuk untuk diubah menjadi sinyal digital yang bisa dibaca oleh komputer. Modem baik berbasis wire seperti ADSL/ISDN atau yang berbasis GSM/CDMA mampu berkomunikasi menggunakan jalur data analog yaitu line telepon dan frequensi nirkabel.

Meskipun buku sistem komputer untuk kurikulum 2013 belum ada kejelasannya semoga materi ini bisa memberikan gambaran bapak/ibu guru yang mengampu mata pelajaran tersebut.


DMCA.com Protection Status

pengertian multiplexer (96), fungsi decoder (21), pengertian demultiplexer (17), pengertian decoder (15), pengertian multiplexer dan demultiplexer (14), multiplexer adalah (12), pengertian rangkaian multiplexer (12), Multiplexer dan decoder (10), pengertian encoder decoder multiplixer (10), decoder dan encoder (8)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

3 tanggapan pada “Pengertian Multiplexer, demultiplexer, decoder dan encoder

Berikan tanggapan anda