Penggunaan fosfat makanan dalam kehidupan


Fosfat adalah garam dari asam fosforat. Hampir tidak ada yang menyadari berbagai peran yang dimainkannya dalam dan di sekitar kita dalam kehidupan sehari-hari. Ini diketahui serba menyertai kita dari masa kanak-kanak sampai ke usia tua, dan sebagai keanekaragaman kehidupan itu sendiri.

Di dalam tubuh, garam fosfat adalah kekuatan utama di balik semua proses metabolisme. Tidak ada makhluk hidup yang akan ada jika fosfat tidak diadopsi, karena fosfat mengembangkan dan mendorong fungsi vital misalnya mempercepat transportasi energi dan materi dalam sel, dan membawa impuls saraf di seluruh sinapsis.Orang dewasa memiliki hingga 700 gram fosfat dalam tubuh mereka, dari yang 85% disimpan dalam tulang dan gigi, yang membantu untuk membuat mereka kuat dan awet. Sisanya bekerja di jaringan dan darah, di mana ia membentuk rantai dengan gula, protein dan lemak molekul, dan membangun jembatan untuk memperkuat helix DNA.

fosfat makanan budenheim

Pada dasarnya fosfat makanan merupakan komponen alami pada hampir semua jenis makanan. Karena memiliki peranan fungsional yang signifikan maka fosfat juga sangat umum digunakan sebagai bahan tambahan dalam proses produksi makanan sebagai: pengembang, anticaking, emulsifier, dan sebagainya

Dalam banyak makanan, bahan tambahan yang mengandung fosfat memastikan bahwa produk tetap sehat dan membangkitkan selera, sementara untuk meningkatkan masa simpan dan kualitas di semua kelompok makanan. Fosfat  membantu adonan kue mengembang, membuat keju dapat menyebar dan memastikan nilai gizi dari makanan bayi.

BACA JUGA:   Ledakan CPC Adsense Matahari Mall

Berikut ini merupakan contoh penggunaan fosfat makanan dalam industri pengolahan makanan:

  • Memperbaiki penampakan dan mempertahankan nilai nutrisi produk seperti vitamin dan mineral.
  • Mempertahankan atau meningkatkan berat produk, akibat kemampuannya dalam mempertahankan kadar air.
  • Mengurangi susut pemasakan, susut thawing dan packing allowance sehingga meningkatkan keuntungan.
  • Menghambat perkembangan mikroba (bacteriostatic) sehingga meningkatkan masa simpan produk.
  • Menghasilkan tekstur produk yang empuk dan kenyal dengan rasa dan juiciness yang tetap alami setelah proses pemasakan.
  • Mencegah terjadinya bau tengik dan penurunan kualitas warna yang tidak diinginkan.

Budenheim merupakan salah satu perusahaan kimia di daerah Mainz, Jerman yang memproduksi produk fosfat dan turunannya, termasuk untuk makanan (food grade). Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1908.  Sebagai pionir dalam teknologi fosfat selama lebih dari 50 tahun, Budenheim berhasil menciptakan teknologi metode produksi berupa pemurnian phosporic acid dengan cara ekstraksi yang saat ini dikenal dengan istilah Budenheim Process. Selain itu, Budenheim juga berhasil mengembangkan metode khusus dalam memproduksi produk fosfat specialties.

Kelebihan fosfat hasil produksi Budenheim dibandingkan dengan produk sejenis lainnya adalah dalam hal komposisi produk dan teknologi produksi yang digunakan.  Dari segi komposisi,  memiliki komposisi optimum untuk masing-masing aplikasi.  Sedangkan dari segi teknologi, setiap produk Budenheim diproduksi dengan teknologi spray drying sehingga produk yang dihasilkan merupakan campuran kimiawi (chemical blend) dan bukan sekedar mechanical blend yang hanya mengalami pencampuran secara fisik (physical mixing).  Penggunaan teknologi spray drying menghasilkan produk yang benar-benar homogen sehingga diperoleh tingkat kelarutan (solubility) yang tinggi.  Solubility dari fosfat memiliki efek sangat signifikan dalam pengolahan makanan, khususnya untuk produk-produk olahan daging dan hasil laut.

BACA JUGA:   BAKSO SAPI

Namun demikian, bidang penerapan garam fosfat berjalan lebih jauh lagi dari sekedar urusan makanan. Mereka membuat hidup jauh lebih mudah dalam produk ditemukan di farmasi, pengolahan logam dan industri plastik. Pasta gigi, misalnya, hanya efektif sebagai akibat dari sifat-sifat fosfat, yang juga memastikan bahwa obat-obatan dapat diberikan dalam dosis diterima, dan bahwa pesawat lebih aman melalui penggunaan komponen yang tahan api.

Apakah sebagai mineral dalam tubuh, bahan dalam makanan atau sebagai aditif dalam produk industri, fosfat merupakan bagian yang melekat dari setiap bidang kehidupan kita.
Mereka diperoleh dari sedimen kuno dan endapan tulang yang berusia jutaan tahun.

Sebuah proses pembersihan yang rumit digunakan untuk mendapatkan fosfat murni yang, melalui varietas mereka dari penggunaan dalam masyarakat dewasa ini, menemukan jalan mereka kembali ke tubuh kita dan kehidupan sehari-hari sekali lagi. Dan sehingga membentuk siklus jutaan tahun.


DMCA.com Protection Status

fosfat makanan (6), apa fungsi penggunaan asam fosfat dalam bahan makanan (3), apa fungsi asam fosfat dalam bahan makanan (2), apa fungsi penggunaan asam fosfat dalam bahan makanan? (2), fungsi asam fosfat dalam bahan makanan (2), fostat pd resep makanan (1), fungsi fosfat dalam makanan (1), fungsi fosfat makanan (1), garam fosfat (1), hasil dari spray dryer dalam kehidupan sehari hari (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda