Pentingnya Mainan Bayi Bagi Perkembangan


Jika anda mengenal teori perkembangan intelektual manusia, Jean Piaget (seseorang yang sangat penting di bidang psikologi perkembangan anak) mengatakan bahwa dari usia lahir sampai dengan usia dua tahun, sebuah rangsangan sangat diperlukan oleh manusia. Di dalam sebuah teori perkembangan intelektual, Jean Piaget telah mengemukakan apa saja tahap-tahap yang semestinya di lalui oleh seorang anak dalam mencapai tingkatan perkembangan dalam proses berfikir formal. Pada saat bayi berusia sebelum dua tahun, Piegat menyebutnya sebagai tahap sensori motor.

Ciri dari tahap sensori motor ini antara lain kemampuan dalam berfikir baru melalui sebuah gerakan maupun perbuatan, perkembangan panca indranya ini sangat berpengaruh untuk perkembangan sang bayi, pada saat itu sang bayi memiliki keinginan terbesar yaitu untuk memegang dan juga menyentuh.

Sehingga sebuah rangsangan sentuhan ini menjadi hal yang sangat penting bagi bayi, terutama pelukan atau dekapan dari sang bunda. Sebenarnya, untuk anak usia ini, mainan bayi belum begitu di perlukan. Misalnya saja mainan yang berat karena fungsi sentuhan pada sang bayi belum begitu sempurna. Untuk membuatnya tidur dengan lelap dan rileks, anda dapat memutarkan sebuah musik beraliran klasik yang mampu menjadikan sang bayi lebih cerdas.

BACA JUGA:   Membuat scheduled post di blog, pentingkah?

mainan bayi

Saat sang bayi menginjak umur tiga tahun, Erik Erikson yang juga merupakan salah satu tokoh “psikologi perkembangan” ini telah merumuskan sebuah “teori perkembangan sosial pada peserta didik”. Ia menyatakan bahwa di usia ini sang bayi memasuki sebuah fase yang bernama “Autonomy versus Shame” yang artinya yaitu fase di mana sang bayi ingin memberontak.

Fase ini sebaiknya tidak di cegah oleh orang tua, karena memang pada masa ini sang bayi sedang mengembangkan sebuah kemampuannya di dalam hal motori dan juga kognitif. Lingkungan sekitar akan sangat mempengaruhi perkembangannya.

Mainan bayi yang cocok untuk anak pada usia ini yaitu sebuah boneka yang mirip dengan manusia. Mainan ini bertujuan untuk mengenalkan pada sang bayi mengenai anggota tubuh yang ada pada manusia, seperti kaki, perut, telinga, hidung, mata, bibir, tangan dan juga anggota tubuh yang lainnya.

Agar sang bayi yang sedang berada dalam usia yang aktif ini tidak mendapatkan masalah pada kulit, Zwitsal memiliki berbagai produk unggulan. Misalnya saja Zwitsa baby cream, prduk ini merupakan pelembab yang sudah teruji oleh Hypo-Allergenic, yang mampu memperkecil resiko alergi. Pelembab ini mengandung bahan aktif zinc yang mampu mencegah kulit menjadi kering serta mengatasi iritasi yang terjadi pada kulit bayi yang sensitive. Cukup sekian artikel mengenai Pentingnya mainan bayi bagi perkembangan ini. Semoga bermanfaat.


DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda