Perbedaan 5 Perangkat Jaringan Komputer


Ada banyak perangkat keras jaringan komputer; antara lain, hub, switch, router, bridge, repeater, access point, server, dan modem. Sebagian besar perangkat ini sepintas bentuknya sama, user awam cenderung tidak memahami perbedaan perangkat jaringan tersebut, kecuali harganya.

Sebagai contoh, ketika seorang user ingin membeli central device untuk jaringan lokal di kantornya, dia bisa memilih membeli hub atau switch, jika pertimbangan user tersebut adalah harga yang terjangkau, maka dia akan memilih membeli hub yang lebih murah dari harga switch. Tetapi jika user tersebut mempertimbangkan performanya, sudah pasti dia akan memilih switch. Hanya saja, bahkan beberapa staf di toko komputer pun tidak memahami perbedaan perangkat jaringan tersebut selain dari nama dan harganya.


Sekarang kita akan belajar mengenai perbedaan perangkat keras jaringan tersebut. Terutama 5 perangkat jaringan yaitu; Hub, Switch, Repeater, Bridge dan Router.

Hub adalah perangkat jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan komputer dalam sebuah jaringan lokal sebagai sebuah central device. Hub berjalan di OSI layer physical, sehingga pada saat hub menerima paket data dari salah satu komputer, maka hub akan membroadcast paket data tersebut ke semua perangkat komputer yang terhubung pada port hub.

Switch adalah perangkat jaringan yang berfungsi memecah jaringan menjadi beberapa segmen/collision domain. Sama seperti hub, switch juga berfungsi sebagai central device, akan tetapi switch memiliki kemampuan untuk menyimpan data MAC address komputer yang terhubung dalam jaringannya. Pada saat switch menerima paket dari salah satu komputer, switch akan menganalisa MAC address tujuan dari paket tersebut. Jika switch menemukan MAC address tujuan dalam tabel MAC addressnya, maka paket hanya akan diteruskan switch ke port yang terhubung dengan komputer tujuan.

BACA JUGA:   Ketika FireFox gak Connect

Repeater merupakan perangkat jaringan yang berfungsi untuk memperkuat sinyal yang diterimanya, agar dapat menjangkau jarak yang lebih jauh. Repeater cocok untuk menghubungkan dua komputer yang berjarak lebih dari 100 meter. Sinyal yang dikirimkan lewat kabel UTP seringkali melemah seiring dengan jarak kabel yang ditempuhnya, tugas repeater adalah menguatkan kembali sinyal tersebut. Sama seperti hub, repeater berjalan di layer 1.

Bridge merupakan perangkat jaringan layer 2, bridge berfungsi untuk menjembatani 2 model koneksi berbeda, misal dari topologi star ke topologi ring, atau dari segmen jaringan yang menggunakan kabel coaxial dengan segmen jaringan yang menggunakan kabel UTP.

fungsi hub router switch repeater bridge

Router adalah perangkat jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan 2 jaringan (broadcast domain) atau lebih, oleh karena itu router juga sering disebut gateway. Router bekerja berdasarkan layer 3 dan menggunakan IP address untuk menentukan rute tujuan paket data yang melewatinya.


Sekarang mari kita lihat dalam tabel berikut mengenai perbedaan karakteristik kelima perangkat keras jaringan tersebut

 Kemampuan Hub Repeater Switch Bridge Router
 bekerja di  layer 1 layer 1  layer 2 layer 2 layer 3
 mekanisme pengenalan alamat  tidak mengenal alamat tidak mengenal alamat mengenali alamat hardware (MAC address)  mengenali alamat hardware (MAC address)  mengenali alamat software (IP address)
 fungsi utama menghubungkan komputer dalam satu segmen/jaringan memperkuat sinyal menghubungkan 2 segmen atau lebih menghubungkan 2 segmen beda topologi  menghubungkan 2 jaringan atau lebih
 metode pengiriman data broadcast ke semua port broadcast ke semua port kirim ke port yang terhubung dengan MAC address tujuan kirim ke port yang terhubung dengan MAC address tujuan  kirim ke port yang terhubung dengan IP tujuan
 Port Multi port  Dual port  Multi port Dual port  Multiport
 Varian  tidak ada  tidak ada  manageable, multi layer  sesuai topologi  wireless router
BACA JUGA:   Mengatasi VMware Error Tidak Mau Start

Dengan demikian dapat disimpulkan sebagai berikut

  • Perbedaan hub dan switch adalah pada kemampuan pengiriman data, switch lebih efektif karena hanya mengirimkan data ke MAC address tujuan, memperkecil kemungkinan jaringan sibuk
  • Perbedaan hub dan repeater, meskipun keduanya sama-sama memperkuat sinyal yang diterimanya, hub dapat digunakan sebagai sentral device dan multiport sementara repeater umumnya hanya memiliki 2 interface untuk input dan output
  • Perbedaan switch dan bridge ada pada kemampuan multiport switch, switch juga dapat dimanage jika yang digunakan adalah jenis manageable switch untuk membuat VLAN, maupun trunking mode
  • Perbedaan hub dan router, hub berfungsi menghubungkan komputer dalam satu jaringan, sementara router menghubungkan komputer yang berbeda jaringan
  • Perbedaan switch dan router adalah switch menggunakan mekanisme pengenalan MAC address sedangkan router menggunakan mekanisme pengenalan IP address

 


DMCA.com Protection Status

5 perangkat ip addres doc (1), contoh gambar modem repeater router bridge hub/switch (1), gambar prangkat switch dan repeater (1), perangkat yang memiliki kemampuan bridgendan router disebut (1), perbedaan connector hub/switch bridge dan router (1), perbedaan daripada peralatan jaringan (1), tabel perangkat jaringan komputer jaringan perbedaannya gambar (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda