Perbedaan simplex, half duplex dan full duplex


Dalam dunia komunikasi data, data ditransmisikan lewat media transmisi, media transimi tersebut dapat berupa gelombang frekuensi, kabel maupun menggunakan kilatan cahaya.

Komunikasi data melibatkan dua pihak atau lebih, satu pihak berperan sebagai transmitter atau pemancar data dan pihak lain bertindak sebagai receiver/penerima data. Proses komunikasi antara dua pihak ini dapat dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu komunikasi simplex dan duplex. Untuk komunikasi duplex sendiri dipecah lagi jadi dua kategori yaitu komunikasi half duplex dan full duplex.

Simplex-half full Duplex

Komunikasi simplex (simpel) adalah komunikasi one way communication, komunikasi terjadi hanya satu arah dari transmitter menuju receiver, pada jenis komunikasi ini pihak receiver tidak memiliki kemampuan untuk memberikan tanggapan pada transmitter.

Komunikasi jenis ini rata2 digunakan dalam layanan broadcast, seperti channel radio maupun televisi, dimana antena tv di rumah kita bertindak sebagai penerima data yang disiarkan oleh transmitter.

Komunikasi Duplex merupakan komunikasi yang berjalan 2 arah, kedua pihak dapat berperan sebagai transmitter maupun receiver. Jika komunikasi yang terjadi secara half duplex, maka artinya setiap pihak akan bergantian bertindak sebagai transmitter dan receiver, saat pihak pertama mengirimkan data, pihak kedua akan mendengarkan, pada saat pihak kedua mengirimkan data, maka pihak pertama gantian mendengarkan data yang dikirim.

BACA JUGA:   Road to UKK 2014-2015: mini PCIE 1x LAN Card

Metode half duplex dapat dijumpai pada komunikasi handy talkie, dimana satu pihak akan menekan tombol transmitter untuk berbicara sementara pihak lain mendengarkan. Komunikasi dua arah ini dilakukan secara bergantian, karena itulah dinamai half duplex.

Komunikasi full duplex, mengijinkan kedua belah pihak melakukan pengiriman dan penerimaan data secara bersamaan. Dalam model ini, setiap pihak memiliki receiver dan transmiter yang bisa bekerja bersama2 sehingga kedua pihak tidak mengalami delay dalam pengiriman dan penerimaan data.

Komunikasi full duplex contohnya adalah pada komunikasi telepon, kedua pihak dapat saling berbicara dan mendengarkan pada saat yang bersamaan.




DMCA.com Protection Status

perbedaan half duplex dan full duplex (9), perbedaan single duplex dan full duplex beserta contohnya (3), perbedaan single duplex dan full duplex serta contohnya (3), perbedaan simplex half duplex full duplex (2), perbedaan full duplex dan half duplex (2), perbedaan single duplex dan full duplex (2), bedanya kabel singgle mode simplex plug dengan single mode duplex plug (2), perbedaan pentransmisian antara half duplex dan full duplex (1), perbedaan jaringan half duplex dan full duplex (1), Yang dimaksud dengan kemampuan komunikasi simplex (1)
BACA JUGA:   Pengertian Multiplexer, demultiplexer, decoder dan encoder

Post You May Also Like

Tentang anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.
Tulisan ini dipublikasikan di komputek dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *