Persiapan final UKK 2014-2015


Pelaksanaan verifikasi instrumen Ujian Praktik Kejuruan / Ujian Kompetensi Kejuruan SMK tahun 2014-2015 jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK ku sudah selesai beberapa minggu yang lain. Alhamdulillah secara keseluruhan sekolah kami mendapat predikat layak sehingga dapat menyelenggarakan ujian praktik kompetensi kejuruan di sekolah kami sendiri.

Hari sabtu kemarin kami juga sudah mengundang dari perwakilan DU/DI yang nantinya akan menjadi partner kami sebagai penguji eksternal dalam UKK 2014-2015. Dalam pertemuan tersebut kami selain kami mensosialisasikan tentang kebijakan UKK 2014-2015 juga kami mendiskusikan rencana pelaksanaan ujian agar dapat berjalan lancar dan tidak mengalami hambatan berarti, terutama dari segi kesiapan peralatan pendukung dan instrumen lainnya.

Bertugas sebagai kepala laboratorium komputer menjadikan kelengkapan instrumen pendukung ujian praktik komputer adalah salah satu program kerjaku tahun ini. Penambahan perangkat komputer dan upgrade fasilitas laboratorium komputer menjadi program utamanya. 

Untuk penambahan komputer maupun peralatan praktikum sendiri alhamdulillah dari pimpinan sekolah menganggarkan setiap bulan selalu ada anggaran belanja perangkat baru. Mengingat jurusanku adalah jurusan teknik komputer dan jaringan, maka memang belanja kebutuhan seputar hardware jaringan menjadi bagian tidak terpisahkan.

BACA JUGA:   Perbedaan 5 Perangkat Jaringan Komputer

pra-ukk-tkj-smk 2014-2015

Pembelian modem, router, access point, switch, perangkat crimping tool seperti tang crimping dan lan tester. Lalu untuk bahan praktikum habis pakai seperti konektor RJ-45, plug bot, barrel RJ-45, kabel UTP, kabel dak, kabel listrik, terminal listrik. Untuk kabel UTP sendiri sekolah kami menggunakan 2 jenis kabel yaitu CAT 5 dan CAT 6. CAT 6 dipilih untuk pembelajaran kelas XII sementara CAT 5 untuk pembelajaran kelas X dan XI.

Mengapa memilih kabel CAT 6 segala? pertimbangan kami, dengan spesifikasi CAT 6 yang lebih baru dan lebih sulit untuk dicrimping, anak2 nantinya akan terbiasa mencrimping CAT 6, pada saat UKK nantinya kami menggunakan CAT 5 sehingga harapannya anak2 akan lebih mudah menyelesaikan proses pengkabelan karena terbiasa mengerjakan yang lebih sulit.

Meskipun demikian tentu saja aku masih mempertimbangkan peralatan pendukung untuk kenyamanan siswa dalam proses pembelajaran di laboratorium. Di antaranya pembelian kipas angin, alat pembersih ruangan dan vacum cleaner untuk menyedot debu. Tahun ini kami sudah menambah 4 unit kipas angin untuk 2 laboratorium yang ada. Untuk vacum cleaner sendiri aku merencanakan membeli vacum cleaner jenis portable, agar lebih mudah dibawa dan digunakan untuk membersihkan bagian dalam komputer maupun papan keyboard. Dari segi harga tentunya juga lebih murah dari versi asli.

BACA JUGA:   Error E16 pada Canon MP 258

Siswa kelas XII selama seminggu ini juga sangat aktif dalam mempersiapkan diri menghadapi UKK. Setiap harinya laboratorium selalu penuh sesak oleh siswa kelas XII yang terus melaksanakan latihan pematangan UKK, meskipun terkadang kami dari tim produktif SMK berhalangan hadir tidak menurunkan semangat anak2 dalam berlatih.

Untuk pelaksanaan UKK di sekolah kami sendiri akan dimulai besok pagi mulai 23 Februari 2013. Semoga saja pelaksanaan UKK tahun ini bisa berjalan lancar dan siswa kami dapat mengerjakan tugasnya dengan hasil sebaik-baiknya.


DMCA.com Protection Status

jurusan tkj persiapan ukk (1), mempersiapkan ukk (1), peralatan habis pakai pada jurusan komputer (1), persiapan apa saja menuju ukk pada siswa (1), persiapan seminggu menuju UKK (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda