Pilihan Menu Masakan Lebaran Yang Wajib Dicoba


Bulan suci Ramadhan selalu ditunggu-tunggu bagi setiap umat muslim di dunia. Biasanya di bulan ini mereka akan menyajikan aneka kue untuk dihidangkan, selain itu mereka juga menyajikan berbagai menu masakan khas lebaran.

Setiap daerah dan wilayah di dunia yang merayakan Hari raya Lebaran tentunya tidak akan melewatkan hal itu dan menu masakan yang diberikan berbeda-beda. Di Indonesia sendiri menu masakan lebaran yang sering disajikan seperti opor ketupat.

Bagi para ibu yang akan memasak untuk menu lebaran jangan khawatir, karena kali ini mari kita bahas tentang menu masakan lebaran apa saja yang dapat menjadi alternatif. Dan berikut ini beberapa menu masakan lebaran yang sering dihidangkan di meja makan saat hari raya.

Kupat opor ayam

Siapa sih yang tidak tahu kupat opor ayam, menu masakan yang wajib dihidangkan pada saat hari raya lebaran. Kupat sering dijadikan sebagai pengganti nasi. Untuk membuat kupat yang harus diperhatikan yaitu siapakan bahan terlebih dahulu.

gambar-ketupat-lebaran-wallpaper-com Pilihan Menu Masakan Lebaran Yang Wajib Dicoba  wallpaper

Biasanya kulit ketupat dibuat dengan menggunakan daun kelapa atau janur, namun saat ini ketupat dibuat dengan menggunakan plastik atau daun pisang.

Ketupat dapat disajikan dengan berbagai menu masakan dan pada bulan ramadhan sendiri kupat disajikan bersamaan dengan opor ayam. Opor ayam dibuat dengan kuah rempah, sebenarnya opor ayam hanya ayam yang direbus kemudian diberi santan kental dan diberi berbagai macam rempah-rempah. Bumbu rempah-rempah yang sering digunakan diantaranya yaitu kencur, jahe, bawang, lada, sereh, dan bahan pelengkap lainnya.

BACA JUGA:   Baju Lebaran Murah Di Blanja.com

Serundeng daging

Menu alternatif saat merayakan lebaran seperti serundeng daging pun sering kali menjadi hidangan favorit. Serundeng sendiri sering dibuat dengan menggunakan parutan kelapa, namun di berbagai wilayah di Indonesia saat hari raya lebaran serundeng dibuat menggunakan daging ayam atau daging sapi. Cukup menggugah selera jika anda bosan dengan menu masakan lebaran lainnya.

photo Pilihan Menu Masakan Lebaran Yang Wajib Dicoba  wallpaper

Semur daging sapi

Siapa sih yang tidak tau dengan semur daging sapi. Semur sering disajikan pada menu masakan sehari-hari. Namun di hari raya lebaran menu alternatif yang disajikan adalah semur yang biasanya isinya telur dan kentang diganti menggunakan daging sapi. Rasanya yang manis dan segar sangat cocok dikonsumsi pada saat lebaran.

semur-daging-hitam-betawi Pilihan Menu Masakan Lebaran Yang Wajib Dicoba  wallpaper

Sambal goreng kentang ati

Untuk menu masakan lebaran yang suka dengan rasa pedas dapat juga membuat sambal goreng ketang ati. Menu masakan yang satu ini dapat disajikan bersamaan dengan opor ayam. Sambal goreng ketang ati yang pedas akan menambah selera karena kebanyakan orang Indonesia menyukai pedas. Bahan utama untuk membuat sambal goreng ati yaitu kentang, ampela ati, cabe, dan bumbu lainnya.

menu-lebaran-alternatif-sambal-goreng-kentang-ati Pilihan Menu Masakan Lebaran Yang Wajib Dicoba  wallpaper

Demikian beberapa alternatif menu masakan lebaran yang dapat dicoba. Cukup simpel dan sangat menggugah selera. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk para kaum ibu yang akan menyiapkan menu masakan untuk memperingati hari raya lebaran. Ssst ditahan ya air liurnya, beduk magrib masih lama

BACA JUGA:   Resto Konsep Hutan di Jogja City Mall

 


Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

2 thoughts on “Pilihan Menu Masakan Lebaran Yang Wajib Dicoba

    jefferson

    (Juni 13, 2017 - 8:30 pm)

    Kupat opor ayam memang juara. Biasanya tetangga selalu ngasih makanan ini setiap lebaran, dan itu rasanya memang penuh kemenangan :))

      anotherorion

      (Juni 14, 2017 - 12:56 pm)

      semoga besok lebaran bisa ngerasain lagi mas 😀

Berikan tanggapan anda