Posisi Menentukan Prestasi


Rata2 anak sekolah ngerti maksud dari frasa judul di atas, Posisi Menentukan Prestasi, sering diidentikkan dengan posisi memilih tempat duduk ketika menghadapi ulangan. Posisi terbaik menurut anak2 enggak bakalan jauh dari deretan meja di belakang dan terjauh dari pengawasan guru. Dan seburuk2nya posisi adalah tepat berada di depan meja pengawas!

Benarkah demikian??? Ya ya ya ya anggap saja benar adanya, dengan berada di posisi terjauh dari pengawas harapannya pandangan guru/pengawas terhalang oleh teman2 mereka di depannya dan mereka bisa lebih bebas nyontek kerjaan teman lainnya.

Jujur saja, orang Indonesia itu memang goblok, hampir semua anak2 Indonesia tidak mencontek untuk mencari jawaban yang benar, salah nggak apa2, nilai nol gak papa yang penting ada temannya! Pikirannya adalah, biarlah aku jelek yang penting temenku banyak, daripada nilaiku doang yang nol yang lain nilainya 1. Bener2 solidaritas tingkat dewa.

Nah kembali ke masalah posisi ini, kenyataannya berbanding terbalik dengan pepatah yang jadi prinsip mereka. Hampir semua anak bego, duduknya dibangku belakang, dan anak2 yang berperingkat atas berada di barisan terdepan. Jarang ada anak bodo yang mau duduk permanen setahun penuh tepat di depan meja guru, mungkin ndak ketok banget neng bathuke ana tulisan “Nyong tulin goblok pak”.

Jadi klo dibilang dalam strategi belajar di kelas, adalah sebuah ketololan untuk memilih bangku di bagian belakang, apa maning pojokan, wis jyan mesthi kuwi dadi setane kelas. Kalau memang ingin berprestasi, carilah posisi yang memungkinkan kalian terhindar dari distraction selama pelajaran. Dan itu posisinya ada di barisan depan. Terlalu banyak godaan dan cobaan bagi mereka yang duduk di bangku belakang untuk bisa fokus mengikuti pelajaran.




DMCA.com Protection Status
BACA JUGA:   Internet: pemanfaatan atau dimanfaatkan?

Post You May Also Like

Tentang anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.
Tulisan ini dipublikasikan di Indonesiaku dan tag , , , . Tandai permalink.

4 Respon untuk Posisi Menentukan Prestasi

  1. Aku malah paling suka kalo duduk di depan. di belakang malah jadi sasaran pengawas kalo ujian. pas Unas malah aku duduk paling depan tapi aku tetap sukses maen hape #ups

  2. ranawijayasoe berkata:

    *pindah posisi duduk di loteng*

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *