The power of SlideShare


Kemudahan berbagi lewat teknologi internet tentu sudah kita nikmati, beberapa mungkin malah menjadi rujukan kita dalam mencari informasi. Slideshare, adalah sebuah layanan file hosting untuk mengupload file presentasi kita ke dalam internet sehingga bisa disaksikan oleh orang banyak. Konsepnya sebenarnya sama dengan Scribd maupun Docstoc, hanya saja kedua nama ini lebih fokus pada berbagi pakai file berbasis Word Processor/ PDF, sedangkan slideshare menawarkan fitur slideshow untuk keperluan presentasi.

Apa yang membuat ketiga layanan tersebut terutama slideshare menarik?

Jika dibandingkan dengan situs berbagi file semacam rapidshare / 4shared, situs2 diatas menawarkan kemampuan embedding untuk membaca file secara native di halamannya, sehingga pengguna internet dapat membaca isi file tersebut sebelum memutuskan untuk disimpan/dibeli.

Kedua, dengan memiliki segmen tertentu, (slideshare ke presentasi, docstoc+scribd ke word processing) memudahkan user untuk mendapatkan file2 referensi yang sejenis dan terklasifikasi dalam beberapa tag layaknya posting blog.

slideshare_550x150

Yang ketiga, harus diakui bahwa internet adalah wahana untuk mempromosikan kemampuan kita, di dalam situs2 tersebut kita bisa mengunggah berbagai file yang dapat menggambarkan kemampuan kita, mengupload file hasil penelitian, presentasi, company profile bahkan iklan pencitraan kita sendiri. Tujuannya selain untuk berbagi pengetahuan yang kita miliki, menyimpan file dalam bentuk cloud juga sebagai sarana untuk memberi tahu dunia kemampuan kita, menarik perhatian orang lain pada skill yang kita miliki. Present Yourself

BACA JUGA:   Mengenalkan Sikap Disiplin Pada Anak Balita dengan Kotak mainan

Mengapa slide presentasi?

Slide presentasi dapat digunakan sebagai media pembelajaran juga dipakai untuk presentasi biasa, dalam sebuah presentasi, tidak semua informasi dapat dituangkan dalam slide, karena slide presentasi hanyalah memuat poin2 penting dari informasi yang akan disampaikan oleh narasumber pada saat presentasi. Dengan demikian, poin2 penting itu akan menggiring keingintahuan pembaca lebih jauh pada informasi yang kita miliki.

Saya cuma newbie, dengan ilmu yang sedikit

Ini pernyataan paling payah yang selalu muncul di setiap benak manusia indonesia, kita ini selalu takut memulai, karena takut dibilang katrok, gak pinter, ilmunya dangkal, hal gampang kok dibangga2in hanya karena mengupload sesuatu yang gak seberapa mutunya. Lebih baik sama sekali tidak unjuk diri, daripada maju dan diketawain seisi kelas. Kualitas dibangun dari bawah, sedikit demi sedikit, setiap veteran pernah mengalami masa canggung saat pertama kali maju ke medan perang. Penguasaan ilmu itu hanya soal waktu, orang yang terlambat belajar, selama ia bersungguh2 pasti ilmunya akan mengalahkan orang yang lebih dulu belajar tetapi selalu bersantai2 dalam menuntut ilmunya.

BACA JUGA:   My Coming Soon Son

Cara terbaik untuk menjadi bisa adalah dengan berbagi ilmu yang kita miliki, semua orang pada dasarnya adalah newbie untuk semua ilmu yang sedang ia pelajari, jika anda orang yang hebat dalam kreasi jahit menjahit, buatlah slide presentasi tentang tips menjahit, jika anda suka mencoba kombinasi make up, mulailah membuat slide tentang pengalaman anda bermake up, jika anda mempelajari cara memasak via youtube, maka cobalah memuat pengalaman anda menerapkan ilmu tersebut dalam bentuk slide presentasi.

Bukankah akan menarik jika di negeri ini, anak2 mudanya berlomba2 mengupload slide tentang hasil pekerjaan rumahnya? tentang ketidaksetujuannya pada sistem birokrasi yang ada saat ini? memaparkan solusi baru untuk permasalahan kelangkaan bahan pokok, dan lain2 dibandingkan setiap hari memenuhi timeline anda dengan status2 galau dan caci maki pilpres?

Bukankah lebih mudah dengan video?

Betul, dengan video anda bisa menggambarkan sesuatu yang anda pelajari lebih nyata dan realistis, tetapi, dengan slide anda bisa merangsang orang lain yang benar2 ingin belajar untuk berusaha tahu lebih banyak. Anda juga belajar meningkatkan kemampuan anda dalam berkomunikasi lewat media slide presentasi. Tentu saja, pilihan selalu ada di tangan anda sendiri


DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda