Prosesi Wisuda berbusana Jawa


Hari Jumat tanggal 15 Mei 2015, SMK kami, SMK Bina Harapan menyelenggarakan upacara wisuda siswa siswi kelas XII yang telah menyelesaikan studi selama 3 tahun di SMK Bina Harapan.

Ada yang berbeda dengan prosesi wisuda angkatan ke enam SMK Bina Harapan, yaitu penggunaan pakaian adat jawa lengkap untuk para wisudawan, guru dan tamu undangan. Buatku yang baru kedua kalinya make pakaian adat jawa lengkap emang agak ribet, iya biar kata seumur hidup udah jadi orang jawa dari oroknya pun aku baru sekali make baju adat jawa, pas kawinan doang :3

wisuda smk bina harapan

Di prosesi wisuda tahun tahun sebelumnya, siswa kami hanya mengenakan baju kemeja putih biasa untuk wisudawan putra dan putri, tahun kemarin malah ditambah unsur modisnya dengan mengenakan jas untuk wisudawan putra dan kebaya untuk wisudawan putri.

Tahun ini, suasananya begitu meriah karena selain menggunakan dress code adat Jawa, juga prosesi kali ini diselenggarakan secara outdoor di halaman SMK Bina Harapan. Untuk para pria menggunakan busana baju kain lurik, bawahan kain jarik motif Jogja, tidak lupa memakai blangkon, keris (pendok), sagen (semacam benting, atau bebengkung dalam bahasa sunda), kamus (gesper) dan sepatu selop. Sementara untuk wanita menggunakan kebaya, bawahan batik, sepatu selop, khusus putri diperbolehkan menggunakan jilbab/sanggul.

BACA JUGA:   Daftar Buku Penelitian Karya Suharsimi Arikunto

Alasan mengapa prosesi wisuda tahun ini menggunakan tema jawa, selain nguri-uri kabudayaan jawi juga mengandung dua maksud. Pertama karena tanggal 15 Mei 2015 bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Sleman yang ke 99 dan yang kedua adalah mengingat pengumuman kelulusan diumumkan hari itu juga, untuk menghindari corat coret dan konvoi siswa maka kami memilih untuk menggunakan tema kebudayaan dalam wisuda kali ini.

Meski demikian, untuk menampung kreatifitas siswa dan sebagai bentuk apresiasi seni untuk murid-murid SMK, kami menyuguhkan hiburan organ tunggal dan pentas musik, para pengisi acaranya tidak lain dari para wisudawan dan adik-adik tingkatnya. Momen haru saat beberapa wisudawan mengajak para tamu undangan untuk menyanyikan lagu Harmoni yang ditenarkan oleh grup band Padi.

Acara berlangsung cukup singkat, padat dan khidmat karena harus segera diselesaikan sebelum acara sholat jumat diselenggarakan. Di penghujung acara, SMK kami melaunching 2 jurusan baru di bidang Migas yaitu jurusan Teknik Pemboran Perminyakan dan Teknik Produksi Minyak dengan dihadiri tamu undangan dan wartawan.

BACA JUGA:   Evaluasi UN itu yang seperti apa?

Acara diakhiri jam 10.30, dengan demikian selesai pula tugas kami mengampu siswa siswi jurusan TKJ SMK Bina Harapan tahun ajaran 2014/2015. Amanat untuk mendidik putra putri wali murid telah kami selesaikan selama 3 tahun terakhir, semoga mampu memberikan landasan yang kuat untuk para alumni yang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, bekerja maupun berwirausaha.



DMCA.com Protection Status

kebaya untuk wisuda smk (2), baju adat jogja lurik (1), pakaian adat untuk wisuda (1), pakaian orang wisuda (1), pakaian pria saat wisuda (1), Pakaian untuk wisuda (1), pakaian wisudawan (1), sanggul wisuda smk (1), tema wisuda smk (1), wisuda anak smk pake hijab (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

5 tanggapan pada “Prosesi Wisuda berbusana Jawa

  • Raka Muhammad

    (Mei 22, 2015 - 6:22 am)

    Priyo Harjiyono yo maklum pak, fasilitas nya aja gitu :v

  • Priyo Harjiyono

    (Mei 22, 2015 - 3:30 am)

    lah lehmu nyanyi ketok wegah2an e

  • Raka Muhammad

    (Mei 21, 2015 - 6:19 pm)

    pak foto pas aku manggung di pasang dong wkwkawkwakwa

  • Ria

    (Mei 18, 2015 - 6:47 am)

    Selamat untuk yang lulusan ya, smoga sukses selalu dan begitu juga pak gurunya yang ngganteng luar biasa tiada tara *siulsiul* sukses juga membawa anak-anak didiknya.

    Aku suka temanya dan batik luriknya itu lho, jadi makin mencintai negrinya 🙂

    • anotherorion

      (Mei 18, 2015 - 12:47 pm)

      maturnuwun ya, terutama apresiasi buat guru gantengnya 😀

Berikan tanggapan anda