Ragam Komunikasi Data


Pada kurikulum 2013 ini, mata pelajaran baru di Teknik Komputer dan Jaringan adalah Komunikasi Data untuk kelas XI. Materi Komunikasi Data terdiri dari pengenalan ragam komunikasi data, standar komunikasi data, proses komunikasi data, teknologi komunikasi data dan suara, analisis kebutuhan, VoIP serta langganan internet & telepon.

Sebenernya sekali lagi, kurikulum ngawur ini juga menyertakan komunikasi PBX untuk diajarkan dalam komunikasi data, walah bener PBX memang contoh komunikasi data, masalahnya lha klo PBX biasanya yang pegang orang2 elektro/telekomunikasi bukan orang TI. Tapi kan ga ada salahnya orang TI ngerti PBX, iya emang gak salah, orang TI bisa masak juga gak salah kok, tapi mosok yo resep semur jengkol mau dimasukkan ke kurikulum TI? Kenthir lha iya

Untuk ragam komunikasi data, dari silabus yang kubaca masih terlalu general dalam artian cuma ngomongin kulitnya saja, komunikasi audio contohnya apa, video contohnya apa audio video contohnya apa n komunikasi data contohnya apa saja, padahal coba deh tanya ke pembuat kurikulumnya, bisa enggak kasih contoh komunikasi video non audio yang lazim ada saat ini? Film bisu gitu? Ngrekam pantomim? Klo pengen spesifik misal ngomongin komunikasi radio-nya bukan audio.

BACA JUGA:   Software Pengaman data

modul komunikasi dataMateri standar komunikasi data menurutku relevan dengan TKJ, karena disitu disinggung tentang standar OSI layer. Standar organisasi atau kebijakan organisasi juga memang harus dipertimbangkan dalam komunikasi data, biasanya terkait alasan confidental, security dan procedure. Misal, sebuah perusahaan melarang karyawannya untuk mencolokkan smartphone/flashdisk mereka ke laptop perusahaan. Mungkin ini sepele, tapi untuk perusahaan yang besar hal ini riskan, dengan ratusan karyawan berflashdisk yang main colak colok ke komputer, maka resiko jaringan internal perusahaan terjangkit virus, malware dan trojan sangat besar, belum terhitung memaksa staff IT mereka untuk keliling membersihkan virus yang menjangkiti komputer2 karyawan.

Sementara standar internet aku ngerasa ambigu, WTF with that? klo cuma standar internet ya berarti protokol HTTP, port 80, tapi aku yakin bukan itu maksudnya, mungkin maksud pembuatnya adalah standar pengaksesan internet, misal, untuk mengamankan virus dari internet, perusahaan mewajibkan semua komputer yang terhubung ke internet menggunakan server proxy internal perusahaan, menggunakan firewall tertentu dan memblokir akses ke situs dan port tertentu.

BACA JUGA:   Cisco IT Essential Virtual Desktop PC & Laptop

Komunikasi VoIP menurutku kemajuan di kurikulum ini, karena kurikulum sebelumnya memang tidak secara spesifik membahas materi VoIP, karena sekarang komunikasi suara bahkan video streaming via internet/phone call sudah cukup familiar, untuk software aku rasa banyak yang bisa dipakai, yahoo messenger, skype, facebook atau bahkan yang berbasis seluler seperti whatsapp dan blackberry messenger.

Kemudian materi subscriber internet telepon ini bisa diisi dengan materi memasang telkom speedy, wew memang bernuansa politis karena seolah mempromosikan salah satu provider internet plat merah, pun tidak ada salahnya jika beberapa siswa nanti ganti disuruh menjelaskan cara melakukan subscribe layanan paket data lewat operator seluler yang mereka gunakan di smartphonenya.

Sementara untuk modul mata pelajaran komunikasi data, aku baru membuat yang ragam komunikasi datanya saja, lha wong buku kurikulum 2013 untuk mapel ini belum tersedia baik di DitPSMK maupun VEDC jadi safe player dulu deh, pun aku gak ngajar mapel ini karena sudah kuserahkan ke guru baru.


DMCA.com Protection Status

ragam komunikasi data (13), ragam aplikasi komunikasi data (7), ragam komunikasi (7), sebutkan ragam komunikasi data (7), karakteristik ragam aplikasi komunikasi data (7), memahami ragam aplikasi komunikasi data (6), ragam standar komunikasi data (4), sebutkan ragam komunikasi (3), Karakteristik ragam komunikasi data (2), macam macam ragam komunikasi data (2)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

2 tanggapan pada “Ragam Komunikasi Data

  • Noviana

    (November 2, 2015 - 9:24 am)

    min izin copy, untuk tugas

  • Sinyo Akhmad

    (September 15, 2014 - 2:07 am)

    betul mas priyo, sangat setuju. silabus dibuat tidak diimbangi dengan contoh yang lebih mudah dipahami. modul dan ebooknya juga belum ada. pembelajaran jadi tidak lancar. Kurikulum raba-raba. mengajarnya juga meraba-raba.

Berikan tanggapan anda