Inilah Resiko yang Akan Kita Dapat Apabila Masih Malas Minum Air Putih


Kebutuhan tubuh terhadap air putih sangatlah besar. Hal tersebut dikarenakan tubuh manusia didominasi oleh air putih. Itulah mengapa dari dulu banyak sekali anjuran yang mengingatkan kita untuk memperbanyak konsumsi air putih. Untuk memperoleh air yang bersih kita perlu menjaga dan memelihara kelangsungan supply air dengan cara merawat sumber mata air.

Air yang dikonsumsi dari sumber mata air terawat tentu dapat membantu kebutuhan tubuh kita tanpa perlu merasa khawatir dengan kandungan bakteri jahat yang mungkin terkandung di dalamnya.

alur sumber mata air

Anjuran untuk memperbanyak konsumsi air putih memang penting untuk diperhatikan. Sebab hal ini berkaitan erat dengan kesehatan tubuh kita. Ada ancaman – ancaman penyakit yang bisa saja menyerang tubuh apabila tubuh kekurangan cairan.

Untuk lebih jelasnya berikut akan kami ulas mengenai resiko yang bisa ditimbulkan akibat minimnya konsumsi air putih.

Resiko Malas Minum Air Putih

1. Dehidrasi

Pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan kata dehidrasi. Ya, inilah kondisi yang menggambarkan bagaimana ketika seseorang kekurangan cairan tubuh. Apabila kita malas minum atau sangat sedikit mengonsumsi air putih, sedangkan tubuh dan otak terus dipaksa bekerja maka kita semakin dekat dengan dehidrasi ini.

Bukan hanya itu saja, kondisi ini bisa saja dialami oleh orang dari segala usia, anak – anak, remaja, dewasa hingga lansia. Apalagi bagi lansia, proses penuaan yang dialami akan mengakibatkan berkurangnya rasa haus yang akhirnya menjadikan mereka kekurangan cairan.

BACA JUGA:   Susu SGM, Merk Susu Terbaik Bagi Anda yang Peduli Kelengkapan Nutrisi Anak

2. Fungsi Ginjal Terganggu

Selain dehidrasi, kurangnya konsumsi air putih juga mengancam kesehatan ginjal kita. Air  berperan besar dalam memaksimalkan fungsi kerja organ ginjal dalam tubuh. Saat tubuh kekurangan cairan, maka akan berakibat pada fungsi ginjal yang menjadi terganggu yang disebabkan tumpukkan limbah beserta kotoran sisa – sisa minuman atau makanan yang seharusnya disaring tubuh.

Dehidrasi menyebabkan ginjal bekerja lebih keras di luar kapasitasnya, yang nantinya berujung pada penurunan kinerja organ ginjal. Saat fungsi ginjal terganggu, resiko terserang penyakit gagal ginjal pun semakin besar. Oleh karena itu pastikan kita menyadari akan betapa pentingnya air putih bagi tubuh. Cukupilah kebutuhan cairan tubuh. Dengan begitu kesehatan tubuh termasuk organ ginjal bisa dijaga dengan baik dan mampu menjalankan tugasnya dalam mendetoksifikasi racun dalam tubuh.

3. Gangguan Pencernaan

Resiko yang bisa kita terima apabila kita malas minum air putih selanjutnya adalah ancaman gangguan pencernaan. Perlu kita tahu bahwa pencernaan dalam tubuh dikelilingi 98% dinding perut yang berfungsi sebagai pelindung perut dari ancaman berbagai jenis penyakit, termasuk penyakit asam lambung.


Tubuh yang kekurangan air putih secara berkesinambungan bisa mengakibatkan menipisnya dinding lambung. Saat dinding lambung mengalami penipisan, maka kita akan berpotensi mengalami konstipasi, penurunan nafsu makan dan pastinya racun dan limbah dalam tubuh semakin menumpuk.

BACA JUGA:   5 Rekomendasi Liburan Menarik di Jakarta

Apabila kondisi ini kita abaikan saja, bukan hanya kesehatan yang akan terganggu, karir pekerjaan pun bisa saja terbengkalai karena kita tidak dapat bekerja secara maksimal.

4. Tekanan Darah Tinggi / Hipertensi

Resiko lain yang bisa mengancam kesehatan kita adalah hipertensi. Hipertensi atau tekanan darah tinggi ini tidak melulu disebabkan pola emosi negatif yang berantakan, namun juga bisa disebabkan oleh dehidrasi. Ketika tubuh kekurangan zat air, maka tubuh akan memberi respon berupa Vapopressin.

Vapopressin-lah yang dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan berakibat pada hipertensi. Apabila kondisi ini dibiarkan berlarut – larut, maka ancaman serangan jantung atau jantung koroner pun semakin besar. Mulai hari ini paksa diri kita untuk belajar mengonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari agar ancaman berbagai penyakit bisa kita hindari ya.

manfaat minum air akibat malas minum air putih

Demikian tadi beberapa resiko yang muncul apabila kita malas minum air putih. Peran air putih bagi tubuh memang tidak bisa digantikan dengan nutrisi lain. Karena setiap nutrisi memiliki peran masing – masing. Oleh karena pentingnya peran air untuk tubuh teramatlah besar, maka kita juga harus benar – benar memperhatikan pola dan kadar konsumsinya. Lebih dari itu kita juga harus tahu cara merawat sumber mata air agar keberadaan air bersih atau air putih ini bisa dimanfaatkan hingga kapanpun.


resiko tidak suka dengan air putih (2)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

2 thoughts on “Inilah Resiko yang Akan Kita Dapat Apabila Masih Malas Minum Air Putih

    Agi Pranoto

    (April 20, 2017 - 10:04 am)

    ih ada lagi satu resiko malas minum air mas: kulit jadi kering. kalo kering dan tidak glowing lagi, nanti akika ngga bisa bergaya ala artis korea (lho)

    Vini

    (April 19, 2017 - 3:20 pm)

    Thank bngt infonya gan. Aku baru tau kalau dehidrasi bisa menipiskan lambung. Pantasan rentan banget maag

Berikan tanggapan anda