Road to UKK 2014-2015: Mengatasi RTO saat ping client


Untuk persiapan UKK 2014-2015 TKJ ini, selain masalah kompatibilitas hardware juga masalah konfigurasi software yang bisa menjadi masalah buat anak-anak yang akan mengikuti ujian UKK.

Untuk paket 3 tentang penggunaan proxy dengan linux router debian berada di antara client windows dan internet, setelah dilakukan setting IP address di router maupun windows, sering sekali dijumpai ping dari windows ke arah router berhasil, sementara ping dari router linux ke windows selalu gagal dan menampilkan pesan Request Time Out.

Jika masalahnya adalah IP client disetting secara manual mungkin bisa saja terjadi salah setting interface di linuxnya, tetapi jika masalahnya adalah ip dinamis didapatkan si client dari Debian sementara ping server ke client terus RTO lalu masalahnya dimana?

Ternyata, masalahnya simpel. Pada saat instalasi client windows, secara default setting firewall windows diaktifkan. Salah satu setting ini adalah men-drop packet icmp yang menuju dirinya. Dari situlah maka muncul reply RTO di sisi router.

Solusinya adalah dengan mematikan firewall windows, yaitu lewat control panel – system and security – windows firewall – turn windows firewall on or off. Matikan semua firewall nya dan uji ping dari server, maka windows akan membalas packet dari router tersebut.



DMCA.com Protection Status

mengatasi RTO client ke debian (1)

Post You May Also Like

BACA JUGA:   Membuat Shared User Hotspot pada Mikrotik

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

2 tanggapan pada “Road to UKK 2014-2015: Mengatasi RTO saat ping client

  • islam di dadaku

    (Februari 18, 2015 - 4:26 am)

    nggak tahu mau komentar apa bang soalnya gaktep saya tahunya ya ngeblog aja

Berikan tanggapan anda