Road to UKK 2014-2015: mini PCIE 1x LAN Card


Dalam UKK TKJ tahun2 sebelumnya dengan paket ujian yang berhubungan dengan proxy server, mengharuskan sebuah router yang juga berfungsi sebagai server menggunakan 2 buah ethernet interface. Ada 2 pilihan sebenarnya, menggunakan routerboard mikrotik seri RB750 atau menggunakan PC router yang diinstali linux.

Pertimbangan bahwa seri RB750 sudah tidak lagi diproduksi mikrotik, kebutuhan lab untuk praktikum sehari2 yang masih perlu menambah jumlah PCmembuat opsi pengadaan RB menjadi nomor sekian, dan lebih memilih menambah PC biasa untuk keperluan praktikum dan UKK.

Aku sama sekali tidak menyadari bahwa beberapa produsen mainboard sudah mulai meninggalkan eksistensi slot PCI, dan menggantinya dengan sebuah slot PCIe 1x. Untuk urusan harian tidak masalah, tetapi untuk urusan UKK jadi masalah. Karena mau tidak mau harus menambah lan card untuk PC servernya, yang dalam hal ini harus PCIe 1x.

mini PCIe 1x Lan Card,Pertimbangan faktor plug n play dan harga membuat pilihan jatuh justru pada USB LAN card bukan pada card PCIe. Kami sendiri lupa jika lan card tersebut harus dipasang pada sistem yang menjalankan sistem operasi linux, bukan windows. Tadinya sih aku dan temenku berasumsi bahwa pengenalan device akan otomatis oleh Debian, tapi ternyata boro2 kedetek.

BACA JUGA:   Pengkabelan terstruktur Horizontal

Akhirnya latihan UKK menggunakan 2 alternatif OS yaitu Ubuntu Server dan Debian Server, untuk melakukan pengenalan device USB Lan tersebut di Ubuntu sih sudah sukses, dengan beberapa catatan yang mungkin bagi anak2 bakal bikin perjuangan konfigurasi mereka semakin menyusahkan saja, sementara di Debian? blass gak ada kemajuan karena selalu gagal ketika mencoba menginstall paket lshw.

Sekarang sepertinya perlu mengalah membeli beberapa perangkat PCIe Lan Card yang berharga hampir 2x lipat Lan Card biasa, siapa tahu device ini lebih ramah dan dikenal di lingkungan Linux debian/ubuntu agar bisa langsung dipake siswa tanpa konfig macem2.

Klo ternyata gagal juga, wah tambah mumet lagi deh


DMCA.com Protection Status

lan card untuk ukk tkj (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda