Robot Lego Mindstorm


Robot adalah sebuah device elektronika cerdas yang dapat diperintah oleh manusia menggunakan bahasa programming. Robot biasanya terdiri dari satu set input, pemroses mikroprocessor/mikrokontroller dan set output. Ada banyak robot yang telah diciptakan manusia, baik untuk keperluan pendidikan, penelitian ilmiah atau untuk robot kontes.

Beberapa universitas dan industri rutin menyelenggarakan lomba robot untuk berbagai tingkatan, mulai dari tingkat pemula untuk anak2 SD sampai tingkat tinggi untuk mahasiswa perguruan tinggi.

Di Indonesia ada KRI (Kontes Robot Indonesia), KRCI (Kontes Robot Cerdas Indonesia), KRSI (Kontes Robot Seni Indonesia) dan masih banyak lagi. Robot bisa dibuat menggunakan mekanisme analog tanpa mikrokontroler maupun berbasis kendali digital menggunakan mikrokontroler.

Untuk membuat robot setidaknya perlu disiapkan hardware dan softwarenya, terkadang kendala utama untuk membuat robot adalah hardware, yaitu pembuatan kit robotnya. Meski demikian banyak perusahaan dan individu yang membuat kit robot untuk dijual guna keperluan edukasi dan memperkenalkan robot pada anak2. Robot yang dijual branded biasanya mahal, tetapi memiliki kemudahan dalam segi penggunaan, sedangkan robot yang dibuat sendiri oleh individu unggul dari segi harga dan bisa dicustom sesuai pesanan.

BACA JUGA:   Java Fundamental Certificate Oracle Academy


Salah satu kit robot yang dijual adalah Lego Mindstorms, produk dari anak perusahaan Lego asal Britania ini menyasar segmen anak2 dan peminat robot yang ingin belajar membuat robot tanpa dipusingkan dengan hardware. Ada berbagai macam tipe robot lego mindstorm, ada Track3r, Gripp3r, Spik3r, R3ptar dll.


Seperti halnya image tentang Lego, robot2 tersebut dapat dibongkar pasang layaknya sebuah lego untuk dibentuk menjadi robot tertentu dengan fungsi2 tertentu, misal robot Scorpion untuk memindahkan barang, robot akrobatik di atas bola, robot penembak sasaran dan lain sebagainya.

Bicara soal harga, nah tentu saja, produk branded semacam ini tergolong mahal untuk rata2 anak2 di Indonesia, tapi jika di sekolah nya memiliki program untuk mengenalkan robot pada anak2 bisa saja anak2 belajar robot dengan menggunakan dukungan dari sekolah.

Ada kah toko yang menjual perlengkapan robot di Indonesia? banyak, yang berbasis mikrokontrol atmega, arduino atau dalam bentuk robot kit seperti mindstorm bisa didapati dari toko2 yang jual di beberapa situs online seperti tokopedia dan berniaga.

BACA JUGA:   Miskonsepsi Perbedaan RAM & ROM

Jadi tertarik untuk beli dan belajar robot?


DMCA.com Protection Status

Lego besar seperti manusia di jual di Tokopedia (1), toko jual R3PTAR (1)

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda