Sarasehan Socmed Agawe Guyub


Pada hari Jum’at 12 November 2016 kemarin bertempat di Griya Kedaulatan Rakyat, Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi DIY menyelenggarakan sarasehan bertajuk Socmed Agawe Guyub. Acara ini merupakan acara kali kedua dari pertemuan para penggiat internet di Jogja dengan pemerintah untuk membicarakan fenomena dunia maya.

Hadir dalam acara ini Kepala Diskominfo DIY Bapak Rony, GKR Hayu, Octo Lapimto dan Budhi Hermanto serta segenap tamu undangan. Dalam pertemuan malam tersebut Bapak Rony menginformasikan sistem informasi terbaru Yogyakarta yakni Jogja Istimewa TV serta aplikasi Jogja Istimewa untuk pengguna Windows Phone dan Android, sementara versi iOS masih dikerjakan rekan-rekan dari Gamatechno.

Studio JITV berlokasi di Kepatihan, dan pihak Pemprov terbuka untuk masyarakat yang ingin membagikan konten positif dalam bentuk video. Aplikasi Jogja Istimewa merupakan one stop solution application yang memiliki fitur antara lain; Wisata, Budaya, Layanan Publik, event, transportasi, kesehatan, Augmented Reality dan akses ke CCTV publik untuk memantau lalu lintas Jogja.

aplikasi informasi wisata Jogja Istimewa

Yang dikhawatirkan Pak Roni dalam acara ini meskipun aplikasinya bagus, terkadang karena ditangani oleh Pemerintah biasanya aplikasi tersebut hanya bagus di awal tapi tidak dijaga kesinambungan kontennya. Oleh karenanya Dinas kominfo ingin mengajak rekan-rekan aktivis internet baik blogger, admin social media untuk dapat ikut serta bersinergi mengisi konten dalam aplikasi ini.

BACA JUGA:   OPPO F1 Plus, Smartphone Selfie Tercanggih 2016

Issue selanjutnya yang dibahas adalah mengenai #JurnalismeDamai. Potensi media online selama ini yang banyak digunakan untuk menebarkan perpecahan dan kebencian. Dalam pertemuan ini ada upaya untuk mencegah konten-konten negatif lewat kerjasama pemerintah dan pada penggiat dunia maya.

sarasehan jurnalisme damai socmed agawe guyub
photo courtesy @infoseni

Jogja adalah kota yang sangat niche, apa saja yang terjadi di kota ini dapat menjadi isu nasional bahkan internasional. Itulah mengapa banyak yang menjadikan Jogja sebagai panggung untuk membuat event dengan berbagai kepentingan. Sehingga tidak heran jika Jogja saat ini memegang peranan penting dalam menjaga suhu dunia maya. Jogja mampu memberikan informasi aktual, sekaligus memiliki potensi memunculkan berita kontroversial. Faktor terakhir ini yang berusaha dijaga oleh para penggiat social media di Jogja agar informasi yang beredar tetap aktual, faktual serta menjaga keutuhan dan persatuan bangsa.



DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda