Short URL


URL atau Uniform Resource Locator merupakan alamat yang menunjukan sebuah halaman website sehingga bisa diakses oleh pengguna internet. Penggunaan URL erat kaitannya dengan aturan penggunaan nama domain yang dikelola DNS. Dahulu kala, untuk mengakses halaman internet kita menggunakan nomor ip server tujuan. Tetapi dengan terbatasnya kemampuan mengingat manusia maka dibuatlah DNS (Domain Name System). Dengan adanya DNS user cukup mengetikan nama web yang mudah diingat misal google.com, ini lebih memudahkan daripada mengetik alamat 173.194.117.8 sama seperti pemberian nama kontak di nomer hape, yang membedakan, kontak di nomer HP kita setting sendiri dan bisa kita namai sesuka hati, tapi penamaan sebuah domain internet harus mengikuti aturan internasional.

DNS dikelola secara global oleh IANA. Di Asia Pasifik dipegang oleh APNIC dan Indonesia dikelola oleh PANDI. Penggunaan .com, .net, .gov, .edu, co.id, sch.id, web.id adalah contoh penamaan DNS yang sesuai dengan regulasi yang dikeluarkan dan diakui oleh organisasi pengelola DNS dunia. Semakin terbatasnya IP address, kesulitan menulis link panjang, ingin punya URL top level domain ning gratisan dan juga kemungkinan habisnya nama domain, memicu munculnya shortener URL atau URL yang dipersingkat.

Short URL ini banyak digunakan dalam social media seperti twitter/fb untuk mempersingkat link yang panjang yang akan memakan space karakter postingan usernya. Beberapa website besar akhirnya mengadopsi short URL ini juga untuk keperluan campaign socmednya. Web affiliate dan marketer seperti adf.ly membuat short URL untuk keperluan menghitung jumlah click yang masuk dari user mereka. Untuk beberapa programmer website, menampilkan kode tertentu pada website memerlukan pengetikan alamat URL yang panjang dan susah diingat, sehingga mereka perlu memakai short URL yang lebih pendek. Sampai saat ini aku belum tahu regulasi yang jelas dari IANA atau organisasi terkait mengenai short URL ini. Apakah diakui sebagaimana top level domain? atau dianggap sebagai URL diluar kewenangan mereka?

BACA JUGA:   Default Routing

url-short-serviceShort URL buat aku sendiri agak mencurigakan, kenapa? karena kejahatan di dunia maya adalah sebuah hal yang nyata, dalam artian kita pun bisa menjadi korbannya. Short URL bisa saja digunakan untuk merujuk sebuah halaman website yang terjangkit virus dan berbahaya, lebih parah lagi jika URL itu ternyata merujuk download otomatis sebuah trojan.

Tentang kemampuan short URL bisa menembus blokade proxy aku masih belum tahu, sepertinya aku juga butuh mencoba sendiri. Dan jika itu terjadi (bisa menembus blokade proxy) maka penyedia layanan proxy internet sehat seperti Nawala harus mengantisipasi hal2 semacam ini, agar jangan sampai dipinteri anak2 kita yang pengen kesasar ke website orang tua. Lha wong sekarang aja blokade Nawala gampang di bypass pake plugin browser kok :)))

Untuk mengetahui link sebenarnya dari short URL ada beberapa website yang menyajikan cara untuk melihat link asli dari URL singkat tersebut misalnya Cyberflux dan URLUncover. Kita juga bisa menginstall addons pada browser kita untuk melihat link asli pada sebuah short URL.

BACA JUGA:   Peluang

Nah masalah keamanan komputer jaringan, sehebat apapun infrastruktur yang diciptakan, pada dasarnya semua kembali pada penggunanya yaitu kita. Karena pencegahan kejahatan internet juga menjadi tanggung jawab kita2 juga. Klo emang ada link mencurigakan ya didiemin aja, mbok di DM ribuan kali, dimention ratusan kali, dispam setiap hari, diemin, buang, block. Jangan mudah tergoda rayuan dengan mengklik halaman link di facebook bisa membobol password FB gebetan kita, bisa jadi justru dengan membuka halaman itu password kita sendirilah yang terbobol.


DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

3 tanggapan pada “Short URL

Berikan tanggapan anda