Shutdown dengan Command Prompt


Terkadang, karena kekurang hatian user dalam menggunakan komputer, berimbas pada tidak bekerjanya komputer secara benar, salah satunya adalah tombol shutdown tidak merespon permintaan mematikan komputer.

Masalah ini bisa terjadi karena berbagai macam sebab, misal oleh virus atau kelalaian user. Tombol shutdown dibuat agar user lebih mudah mematikan komputer tanpa perlu menggunakan mode teks. Sedangkan dulunya sebelum mode GUI diperkenalkan mau tidak mau pengguna harus menggunakan command line untuk memberikan perintah pada komputer.


Untuk melakukan shutdown pada windows menggunakan command prompt caranya adalah dengan mengetik tombol Windows+R atau membuka Run via start menu, kemudian mengetik CMD. Maka aplikasi Command Prompt akan tampil.

shutdown cmd


Ketikkan perintah shutdown -s untuk mematikan komputer. Setelah mengetikkan perintah tersebut, Windows akan mengeluarkan notifikasi bahwa komputer akan segera dimatikan.


DMCA.com Protection Status

Post You May Also Like

BACA JUGA:   SEKILAS TENTANG PENDIDIKAN DI INDONESIA

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda